28 Rumah dan 1 Kantor Camat Rusak Akibat Kebakaran Kilang Balongan

LIMAPAGI – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memastikan PT Pertamina (Persero) akan mengganti rugi 28 rumah warga dan satu kantor kecamatan rusak akibat kebakaran diikuti ledakan memicu getaran melanda kilang minyak di Balongan, Kabupaten Indramayu.

Uu memastikan Pertamina bertanggungjawab setelah berdialog dengan manajemen BUMN pengelola minyak dan gas bumi di Indonesia tersebut.

“Pertamina siap mengganti seluruh rumah yang rusak. Ini untuk tahap awal,” kata Wagub saat kunjungan ke lokasi kebakaran Revinery Unit VI di Kecamatan Balongan, Selasa, 30 Maret 2021.

Uu mengatakan ganti rugi yang dijanjikan Pertamina merupakan upaya penanganan sementara atau jangka pendek. Uu akan mengkaji lebih jauh penanganan pasca-kebakaran bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Pertamina.

Kajian lanjutan, kata Uu, termasuk analisis keamanan lokasi di sekitar kebakaran dari potensi bencana lain, hingga dampaknya terhadap mata pencaharian warga.

“Biasanya untuk relokasi itu ke tanah desa terdekat. Tapi kita lihat lagi seperti apa teknis dan kendala-kendalanya,” ujar dia.

Uu juga memastikan semua biaya perawatan bagi para korban luka ringan dan berat akibat kebakaran kilang minyak di Balongan akan ditanggung oleh Pertamina. “Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina,” ucapnya.

Diketahui, kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan diikuti ledakan terjadi pada Senin dini hari, 29 Maret 2021. Ledakan menimbulkan getaran itu berdampak pada lima desa yang meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip, dan Desa Tegalurung. **

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.