Lengkap Sudah, Ini 16 Peserta Cabor Sepak Bola di Olimpiade Tokyo

LIMAPAGI – Peserta cabang olahraga (cabor) sepak bola putra di Olimpiade Tokyo sudah lengkap. Terdapat 16 negara dari enam zona berbeda memastikan diri berlaga di ajang tersebut.

Sebelumnya, Jepang selaku tuan rumah sudah memastikan satu tempat di Olimpiade. Timnas mereka telah lolos sejak terpilih menjadi tuan rumah pada 2013.

Kontingen berikutnya yang meloloskan wakil adalah Eropa, Oseania, dan Afrika. Ketiganya sudah memastikan timnas yang akan berlaga sejak 2019.

Eropa terlebih dulu dengan mengirimkan Prancis, Jerman, Rumania, dan Spanyol. Kemudian Selandia Baru mewakili Oseania serta Afrika lewat Mesir, Pantai Gading, dan Afrika Selatan.

Berikutnya wakil zona Asia dan Amerika Selatan yang memastikan lolos. Dari Asia terdapat Australia, Arab Saudi, dan Korea Selatan sementara Amerika Selatan mengirim Argentina serta Brasil.

Amerika Utara dan Tengah menjadi zona terakhir yang memastikan wakilnya. Mereka baru mengirimkan timnas pada Maret ini.

Menariknya, Amerika Serikat gagal lolos ke Olimpiade Tokyo. Artinya, mereka sudah tidak berlaga di ajang tersebut pada Olimpiade 2012, Olimpiade 2016, dan Olimpiade Tokyo.

Adalah rival abadi Amerika Serikat di zona CONCACAF, Meksiko, yang tampil di Olimpiade. Satu slot lagi menjadi milik Honduras.

Setelah ke-16 tim resmi lolos ke Olimpiade Tokyo, nantinya pengundian bakal berlangsung di markas FIFA di Zurich, Swiss pada 13 April mendatang.

Nantinya petinggi FIFA Jaime Yarza akan memandu acara pengundian. Belum diketahui apakah perwakilan tiap negara akan hadir.

Berikut ini adalah daftar peserta Olimpiade Tokyo:

  • Tuan rumah: Jepang
  • Eropa: Prancis, Jerman, Romania, Spanyol
  • Oseania: Selandia Baru
  • Afrika: Mesir, Pantai Gading, Afrika Selatan
  • Asia: Australia, Arab Saudi, Korea Selatan
  • Amerika Selatan: Argentina, Brasil
  • Amerika Utara dan Tengah: Honduras, Meksiko.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.