Viral Minum Rumput Fatimah Janin Meninggal Dunia di Dalam Kandungan

LIMAPAGI – Semua calon ibu pasti ingin persalinannya berlangsung dengan lancar dan cepat. Sehingga banyak orang mengusahakan berbagai cara untuk mendapatkan hasil itu.

Daripada berkonsultasi dengan dokter atau bidan, orang-orang juga seringkali percaya pada obat herbal yang mungkin belum tentu berdampak baik.

Seperti yang dialami oleh seorang ibu dalam video viral yang dibagikan akun TikTok @infobumildansikecil, Selasa, 30 Maret 2021.

Janin ibu tersebut meninggal dunia akibat meminum obat herbal rumput fatimah.

Detak jantung janin negatif dan ibu mengalami syok akibat pendarahan. Pasien pun langsung dioperasi karena robek rahim yang dialaminya.

Ia juga harus dirawat di ruang ICU selama 7 hari hingga menghabiskan 20 kantong darah. Setelah diselidiki ternyata pasien meminum rumput fatimah sebelum melahirkan.

@infobumildansikecil

Jangan sampai terjadi lagi. Sudah banyak kasus seperti ini. Tunggu part 2 yaa? #edukasi #story #bumil #infokesehatan #fyp #foryoupage

♬ original sound – Info Bumil dan Si Kecil – Info Bumil dan Si Kecil

Rumput fatimah (Labisia pumila) merupakan tanaman berbunga asal Malaysia yang umum digunakan sebagai obat herbal secara tradisional.

Salah satu manfaat rumput fatimah yang banyak dipercaya adalah memperlancar persalinan, dengan fungsi mempercepat laju kontraksi rahim.

Namun belum ada penelitian yang mendukung amannya konsumsi rumput fatimah untuk ibu hamil menjelang persalinan.

Di sisi lain beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan dari mengonsumsi rumput fatimah adalah nyeri parah, kontraksi berlebihan, rahim pecah hingga pendarahan.

Sebab itu sebaiknya selalu konsultasikan perihal persalinan dengan dokter dan bidan yang tepat hingga tidak membahayakan ibu dan janin.

Hingga kini video tersebut telah disaksikan lebih dari 6,1 juta kali dan mendapatkan lebih dari 13 ribu komentar.

Reka Kumara
Reka Kumara

A reporter who focuses on entertainment and lifestyle, such as writing articles related to general facts, viral news, movies and celebrities.

 Education background: Medan Area University, Bachelor of Communication Science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.