Mobil Listrik Volkswagen Pakai Nama 'Voltswagen'

LIMAPAGI – Volkswagen (VW) Amerika Serikat mengubah namanya menjadi ‘Voltswagen’. Hal ini sebagai bentuk kampanye mobil listrik di negeri Paman Sam tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Rabu, 31 Maret 2021, nama baru ini akan disematkan di semua mobil listrik VW dan iklan resmi di Amerika Serikat. Sementara mobil berbahan bakar minyak (BBM), tetap memakai nama Volkswagen.

Ini menarik, karena pabrikan asal Jerman itu tidak pernah menuliskan nama penuh di sejumlah modelnya melainkan menggunakan singkatan. Namun, induk perusahaan tetap memakai nama Volkswagen.

Dalam bahasa Jerman, Volkswagen artinya mobil rakyat. Sementara istilah volts pada Voltswagen berarti tegangan listrik yang mana menguatkan citra mobil listrik.

Volkswagen bukanlah pabrikan mobil pertama yang menyematkan istilah elektrifikasi pada mereknya. Sebelumnya, ada General Motors yang menggunakan nama kelistrikan pada modelnya seperti Chevrolet Volt atau Opel Ampera.

Chevrolet Volt merupakan mobil listrik yang dapat mengisi daya sendiri menggunakan generator BBM yang terpasang di dalam mobil. Secara teknis, mobil ini seperti mobil hybrid.

Meski demikian, General Motor lebih suka menyebut Chevrolet Volt sebagai mobil listrik. Pasalnya, BBM pada mobil itu hanya berfungsi untuk menjalankan generator listrik jika mobil kehabisan daya di tengah jalan. Sementara mobil hybrid, BBM dan baterai bekerja bergantian menggerakkan mobil.

Sebagai informasi, Chevrolet Volt dipasarkan di Eropa pada 2011-2019. Sedangkan Volkswagen baru merilis SUV listrik terbaru bernama ID.3 dan ID.4. Khusus ID.4, hanya dipasarkan di Amerika Serikat.

Riyandy Aristyo
Riyandy Aristyo

Getting to know the world of journalism since his education at IISIP Jakarta. Then worked in several major media in Indonesia with various fields such as law and crime, entertainment (celebrity, tourism, techno, culinary, culture and automotive). Now, I work at Limapagi.id as an Assistant Automotive Editor.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.