Sirnas Virtual Wushu, Kemenpora Harap Jadi Role Model

LIMAPAGI – Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menggelar Sirkuit Nasional (Sirnas) Wushu Taolu seri 1/2021 di tengah pandemi Covid-19. Pergelaran tersebut bergulir secara virtual.

Sirnas Wushu bertujuan untuk menjaring atlet berkualias dan menjalankan program pembinaan secara berkesinambungan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan apresiasi terhadap PB WI. Sirnas Wushu patut menjadi role model (anutan) bagi cabang olahraga lain.

“Tahun 2021 ini baru PB WI yang menggelar sirkuit nasional. Dari sirkuit ini harus jadi role model bagi cabor lain.”

“Cabor juga harus menjalankan program pembinaan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi,” kata Chandra Bhakti, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora.

Menurut Chandra, kesuksesan Sirnas Wushu sejalan dengan kebijakan Kemenpora. Tak heran, Kemenpora berharap seri selanjutnya bisa terus berjalan demi melanggengkan pembinaan wushu Indonesia.

“Sirnas Wushu ini harus berjalan terus. Kalau ada tahap satu, ada tahap kedua, dan tahap selanjutnya. Sehingga, Sirnas bisa menjadi bagian dari seleksi dan mampu menghasilkan atlet terbaik,” tutur Chandra.

Chandra Bhakti menyebut Kemenpora memasukkan wushu dalam 14 cabor unggulan. Soalnya, wushusudah meraih prestasi di berbagai ajang internasional.

Pemilihan tersebut, kata Chandra, berdasarkan kejian mendalam. Uji publik juga telah dilakukan di Bogor, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Hasilnya, tidak ada satu pun para pakar olahraga yang membantah tentang prestasi wushu selama ini. ***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.