Hati-hati, Instagram Jadi Lokasi Bullying Tertinggi

LIMAPAGI – Instagram menjadi salah satu media sosial favorit masyarakat dunia. Penggunanya bukan hanya orang dewasa, ada juga remaja, dan bahkan anak di bawah umur. Kondisi ini jelas membuat penggunanya rentan mengalami perundungan atau bullying.

Hasil riset bahkan memperlihatkan, perundungan di media sosial milik grup bisnis Facebook itu menjadi yang tertinggi.  Ini seperti dipaparkan oleh HasDitch the Label, lembaga donasi anti-bullying yang menobatkan Instagram sebagai media sosial dengan cyberbullying tertinggi.

Pernyataan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan pada sekitar 10 ribu remaja asal Inggris dengan rentang usia 12-20 tahun. Hasilnya sebanyak 42 persen di antaranya mengaku menjadi korban cyberbullying di Instagram.

Persentase cyberbullying / broadbandsearch

Setelahnya, menyusul Facebook dan Snapchat dengan persentase cyberbullying masing-masing sebesar 37 persen dan 31 persen, dilansir Limapagi.com dari Broadbandsearch, Rabu, 31 Maret 2021.

Sementara itu, WhatsApp dengan persentase cyberbullying 12 persen, YouTube 10 persen, dan Twitter 9 persen. Platform media sosial tersebut menjadi tiga terendah terkait kasus cyberbullying.

Penelitian ini mengacu pada unggahan yang mengandung unsur perundungan, di antaranya komentar negatif dan menyebarkan unggahan seseorang dengan maksud mengolok-olok.

Cyberbullying pada remaja ini telah menjadi sebuah masalah yang terjadi setiap tahunnya. Bahkan hingga 2021, cyberbullying masih juga belum mereda.

Kasus cyberbullying yang terjadi di media sosual disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu yang paling umum ialah soal penampilan dengan total persentase sebanyak 61 persen.

Faktor lainnya, berupa perundungan mengenai prestasi akademik 25 persen, ras 17 persen, gender 15 persen, masalah finansial 15 persen, agama 11 persen, dan 20 persen sisanya merupakan alasan-alasan tertentu.

Perundungan tentu menimbulkan efek samping penyakit mental seperti depresi, ketakutan berlebihan, potensi menyakiti diri, hingga bunuh diri.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.