Keseringan Minum Kopi Sebabkan Gigi Kuning, Ini Cara Mencegahnya

LIMAPAGI – Memiliki gigi bersih dan sehat menjadi impian banyak orang, namun tak sedikit yang mengalami masalah sehingga membuat gigi menjadi kuning.

Pendiri California Breath Clinics, Harold Katz, DDS yang merupakan dokter gigi mengatakan gigi kuning bisa disebabkan karena faktor genetik atau penyakit tertentu.

Namun demikian, dia mengatakan kebiasaan sehari-hari yang tak diduga dapat mengikis enamel, dan membuat gigi menjadi berubah warna. Seperti dikutip dari laman Prevention.

Salah satu kebiasaan tersebut yaitu sering minum kopi. Siapa disini yang suka minum kopi? Perlu kamu ketahui kafein yang tinggi di dalam kopi dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tak hanya itu, kandungan asam yang tinggi juga dipercaya mampu membuat gigi menjadi kuning. Ketika enamel terkikis noda minuman akan menetap pada dentin, sehingga menyebabkan gigi bertambah kuning.

Selain itu, kopi yang dicampur dengan gula dapat menarik perhatian bakteri yang menyebabkan produksi asam semakin tinggi. Tak hanya menyebabkan gigi kuning, bakteri yang ada di gigi dapat menyebabkan berlubang.

Namun, bukan berarti tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi. Tetapi, dengan mengontrol asupan kopi dan rajin membersihkannya dapat mencegah gigi menjadi kuning, dan berlubang.

Kemudian minum air putih juga bisa menjadi pilihan terbaik. Dikarenakan air putih berguna untuk membersihkan noda dengan cepat yang diakibatkan oleh kopi. Nah, jadi kamu bisa siapkan segelas air putih untuk disandingkan dengan kopi.

Kunci utama yaitu dengan rajin membersihkan gigi serta rajin mengonsumsi air putih setelah minum kopi. ***

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.