Resep Roti Paskah dengan Telur Warna-warni, Anak Pasti Doyan!

LIMAPAGI – Sebentar lagi umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan Paskah atau Hari Kebangkitan Yesus Kristus. Paskah identik dengan telur. Biasanya, anak-anak akan mencari telur saat perayaan Paskah.

Selain lewat permainan, telur juga bisa menjadi dekorasi di rumah hingga makanan. Roti dengan telur warna-warni di atasnya bisa menjadi menu Paskah yang bakalan jadi pusat perhatian di meja makan kamu.

Resep roti dengan telur warna-warni ini merupakan resep dari Chef Sal Scognamillo, chef dari restoran italia di New York. Menu roti ini bisa untuk porsi 10 orang dengan jumlah kalori per porsi 411 kal.

Yuk, langsung buat saja roti Paskah dengan telur warna-warni yang hanya butuh waktu pembuatan selama tiga setengah jam. Inilah resep dan cara membuatnya seperti yang dilansir dari TheDailyMeal, 30 Maret 2021.

Bahan

Untuk roti :

  • 1 cangkir susu murni
  • 1/2 cangkir gula
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1 buah lemon (parut halus kulitnya)
  • 2 sendok teh biji adas manis
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 5 cangkir tepung serbaguna
  • 6 sendok makan (3/4 batang) unsalted butter

Untuk hiasan roti :

  • 6 telur Paskah yang sudah diwarnai dengan pewarna makanan
  • 1 kuning telur kocok dengan 1 sendok teh susu murni (untuk glaze)
  • 2 sendok teh hiasan gula berwarna (untuk hiasan)

Cara membuat

  1. Siapkan mixer, campur susu murni, gula, telur, ragi instan, parutan kulit lemon, biji adas, dan garam. Mixer dengan kecepatan kecil hingga tercampur semua.
  2. Tambahkan dulu 3 setengah cangkir tepung secara bertahap untuk membuat adonan roti menjadi kental. Lalu tambahkan mentega satu sendok dulu, tunggu sampai mentega tercampur baru tambahkan lagi sampai 6 sendok makan mentega.
  3. Secara bertahap tambahan lagi sisa tepung (sekitar satu setengah cangkir lagi). Aduk-aduk adonan roti sampai benar-benar kalis.
  4. Olesi wadah mangkuk besar dengan mentega. Taruh adonan roti yang sudah kalis di dalam wadah tersebut. Lalu tutup rapat dengan plastik pembungkus dan diamkan hingga mengembang dua kali lipat. Biasanya akan memakan waktu 1 ¼ jam.
  5. Kemudian, siapkan loyang dan lapisi dengan kertas roti. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Gulung tiap potongan adonan di atas papan kayu hingga adonan panjang, kira-kira panjangnya 20 inci. Dari tiga potongan panjang roti tersebut, sejajarkan, lalu kepang adonan hingga ujung. Lalu ujungnya disatukan agar roti menyatu.
  6. Pindahkan “kepangan” roti ke loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Tutupi dengan plastic wrap. Diamkan kembali hingga mengembang dua kali lipat. Kali ini kira-kira selama satu jam.
  7. Setelah mengembang, taruh 6 telur yang sudah diwarnai dengan pewarna di atas kepangan roti. Panaskan oven terlebih dahulu hingga mencapai suhu 176 derajat celcius.
  8. Lalu, glaze yang sudah dibuat sebelumnya dioleskan ke roti tipis-tipis dan taburi dengan nonpareils atau hiasan gula warna-wani.
  9. Barulah panggang roti hingga berwarna emas kecokelatan selama 30 menit. Roti Paskah dengan telur warna-warni pun siap disajikan sebagai menu Paskah nanti. Selamat membuat. ***
Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.