Pemerintah Kejar Target Alihkan Siaran TV Analog ke Digital

LIMAPAGI – Pemerintah sedang mengejar target untuk mengalihkan siaran televisi (TV) analog ke digital. Proses ini direncanakan membutuhkan waktu kurang lebih 20 bulan.

Fakta itu disampaikan langsung oleh staf khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rosita Niken Widiastuti, saat pembukaan Webminar bertajuk Dukung Migrasi TV Digital Indonesia.

Dia menjelaskan, beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia telah mensahkan Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) yang merivisi UU nomor 32 tahun 2005 tentang penyiaran.

Dalam UU Ciptaker Pasal 27 Angka 6 menyatakan bahwa migrasi penyiaran TV dari teknologi analog ke digital harus diselesaikan paling lambat 2 tahun sejak UU itu berlaku.

“Dengan demikian kita memilii waktu kurang lebih 20 bulan, untuk melanjutkan persiapan penghentian siaran TV analog beralih sepenuhnya ke tv digital di seluruh Indoneisa,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip, Rabu, 31 Maret 2021.

Perlu diketahui, kata dia, proses migrasi penyiaran TV dari teknologi analog ke digital ini juga dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO). Untuk menyukseskan program ini, perlu didukung oleh berbagai kalangan yang terkait.

“Proses transormasi digital dengan migrasi dari TV anlalog ke digital ini tentu perlu didukung oleh berbagai pihak, seperti lembaga penyiaran, asosiasi penyiaran, asosiasi pengusaha elektronik, dan juga masyarakat,” paparnya.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.