Modal Teleskop, NASA Temukan Banyak Planet Mirip Bumi

LIMAPAGI Para peniliti terus mencari tahu planet-planet baru, termasuk yang mirip dengan bumi. Salah satu caranya dengan mengabadikan kondisi ruang angkasa melalui teleskop canggih.

Sejak 2018, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memulai misi pencarian memakai TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite). Hasilnya, ditemukan 2.200 planet potensial yang menyerupai Bumi meskipun belum tentu layak huni.

Sebagaimana Limapagi.com kutip dari Engadget, Rabu, 31 Maret 2021, misi dari TESS ini menemukan 1.600 planet potensial dalam dua tahun pertamanya. Beberapa penemuan, yaitu planet berbatu TOI-700 d yang berjarak 100 tahun cahaya, LHS 3844 b dijuluki sebagai “Bumi super panas” yang mengorbit 11 jam.

Kemudian, menurut laporan NASA, ada Pi Mensae c, sebuah “mini-Neptunus” yang merupakan planet pertama yang ditemukan TESS. Meski begitu, tidak ada jaminan bahwa setiap temuan bakal diperiksa lebih jauh lagi. Sejauh ini hanya 120 planet yang telah dikonfirmasi.

NASA pun masih bergantung dengan teleskop luar angkasa James Webb untuk mempelajari “calon planet” secara lebih rinci. Meski begitu, volume planet yang besar telah menunjukkan banyak hal tentang keragamannya dan apa artinya bagi sistem alam semesta (kosmos).

Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.