7 Buah yang Bisa Dibuat Jadi Wine, Nggak Kalah Enak dari Anggur

LIMAPAGI  – Banyak dari kamu mungkin berpikir bahwa wine hanya bisa dibuat dari buah anggur saja, nyatanya itu tak benar. Anggur adalah salah satu buah terbaik untuk membuat wine tetapi ada banyak buah lain pula yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat wine.

Mengutip dari HonestFoodTalks, inilah tujuh buah lainnya yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuat wine.

1. Plum atau prem

Wine jenis ini begitu populer di Amerika. Plum sendiri adalah buah prem yang masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot, yang kaya antioksidan dan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas

2. Delima

wine
(freepik/@azerbaijan_stockers) Wine dari buah delima

Wine dari delima tidak hanya menawarkan rasa yang kaya tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Buah yang luar biasa ini mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu mengurangi peradangan dan juga baik untuk kulit.

3. Apel

Apakah kamu pernah melihat sari buah apel? Nah, itu hampir sama dengan wine yang terbuat dari apel. Yang membedakannya hanya jumlah gula dalam kandungan. Warna dari wine dari apel ini adalah putih serta rasanya lebih enak bila usia wine tersebut minimal 2 tahun.

4. Labu

wine
(thegreenhead.com) Wine dari labu

Wah, apakah benar labu bisa menjadi bahan pembuat wine? Nyatanya bisa dan kamu hanya perlu menambahan enam bahan utama. Juga, kamu bisa menambahkan cengkeh, jahe, atau kayu manis untuk menambah rasa.

5. Kiwi

Buah selanjutnya yang bisa dibuat menjadi wine adalah kiwi. Buah ini dapat membuat wine jadi terasa manis dan enak sekali. Untuk pendampingnya, paling cocok kiwi wine diminum bersama buah segar, salad, atau sop gazpacho (makanan dari spanyol).

6. Blackberry

wine
(minnetonkaorchards.com) Wine dari buah Blackberry

Buah golongan berry tidak hanya kaya akan jumlah gula baik tetapi juga mengandung banyak rasa asam alami. Keasaman buah golongan berry ini dapat membuat wine menjadi sangat asam, tetapi untuk menetralisirnya bisa dengan menambahkan air.

Blackberry bisa menjadi bahan utama untuk membuat red wine atau anggur merah. Paling baik blackberry digunakan saat sudah berusia dua tahun.

7. Stroberi

Ini juga masuk dalam golongan buah berry. Strawberry wine adalah salah satu koleksi minuman beralkohol yang paling banyak disukai. Namun, dalam proses pembuatannya butuh waktu lama untuk fermentasi. Butuh waktu sampai satu tahun lebih untuk berhasil menjadi wine dengan rasa terbaik. ***

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.