Bukalapak Fasilitasi 4 Juta UMKM yang Terdampak Pandemi

LIMAPAGI –¬†Perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19, menciptakan peluang baru dan lebih besar bagi dunia usaha. Sebab, transaksi jual beli melalui sistem digital terus berkembang pesat.

Hal ini seperti laporan yang dirilis oleh Bukalapak. Lapak online itu menyebut, ada 4 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baru bergabung selama krisis pandemi Covid-19.

Sehingga, kini mereka memiliki 6 juta pelapak dan 7,5 juta mitra Bukalapak di seluruh penjuru. Sementara itu, jumlah penggunanya sudah mencapai lebih dari 100 juta pengguna.

“Selama pandemi Covid-19, kami meluncurkan beberapa inisiatif baru di seluruh pembiayaan, pembayaran, produk virtual dan layanan keuangan lainnya untuk mendukung pertumbukan pelapak dan mitra buka lapak,” ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak, dalam Bukalapak Social Impact Report 2020, Rabu, 31 Maret 2021.

Kondisi pandemi ini memacu Bukalapak untuk terus mendorong pertumbukan UMKM mitra-mitranya. Dukungan tersebut berupa fasilitas alat untuk memungkinkan mitra online dan offline menjual dagangannya di platform Bukalapak.

Alat-alat ini memberdayakan UMKM dengan teknologi yang lebih baik daripada jaringan ritel modern dan memungkinkan toko tradisional mengembangkan bisnis mereka.

Bukalapak juga membantu UMKM online dengan beberapa layanan guna menjangkau lebih dari 100 juta konsumen di Indonesia. Bantuan tersebut di antaranya, kemudahan akses order, pengiriman cepat, promo, paylater, dan masih banyak lagi.

“Pada akhirnya, para pelaku UMKM dapat menikmati pertumbuhan serta menambah pemasukan dan pendapatannya,” tambah Rachmat.

Pernyataan tersebut disambut baik oleh Amat, salah satu pemlik warung di Kemanggisan, Jakarta Barat. Menurutnya, Bukalapak telah membantu usahanya selama pandemi ini.

“Jualan produk secara virtual sangat membantu saya dalam mendapatkan pemasukan tambahan. Layanan pembayaran tagihan telepon dan pengiriman uang menjadi permintaan paling banyak di masa ini,” ujar Amat.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.