Korban Selamat Bom Makassar Diobati Bubuk Kopi, Ampuh Atasi Luka Bakar?

LIMAPAGI– Kosmos, seorang pria yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat. Pria ini berhasil menghalau pelaku bom bunuh diri masuk ke dalam Gereja Katedral, Makassar.

Dalam aksi heroiknya, Kosmos mengalami luka di sekujur tubuh akibat terkena serpihan bom, bahkan ia viral di media sosial sejak luka yang dialami dibaluri oleh kopi hitam. Apakah efektif?

Seperti dilansir dari laman Kafebueno, kopi memiliki ikatan erat dengan penyembuhan luka. Kopi kaya akan asam linoleat yang mana memiliki peran langsung dalam menjaga dan melindungi  permeabilitas kulit.

Selain itu, senyawa felonik dan tokoferol yang ada di dalam kopi memiliki efek antioksidan dan dapat memodulasi proses peradangan hingga penyembuhan luka.

Kandungan antibakteri hingga anti-inflamasi dapat membantu penyembuhan luka pada kulit secara signifikan.

Kemudian ada senyawa fenolat yang di dalamnya terdapat dua jenis asam, yaitu p-koumarat dan kafeat atau dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Dalam proses penyembuhan luka menggunakan kopi tak makan waktu cukup lama, jika luka yang dialami ringan akan memakan waktu 3-4 jam. Menarik bukan?

Kopi sendiri merupakan bahan olahan minuman yang sangat mudah di temui, bahkan sering disajikan di kala pagi hari atau menghilangkan stres.

Namun, belum ada penelitian yang membenarkan bahwa kopi sepenuhnya dapat menyembuhkan luka bakar. Lebih baik, konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat. ***

&

&

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post