Dirut Pertamina: Tangki di Balongan yang Terbakar Padam Malam Ini

LIMAPAGI – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memadamkan api yang berkobar imbas ledakan kilang minyak PT Pertamina RU di VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sehingga, kata dia kebakaran yang terjadi lebih dari 12 jam tersebut bisa selesai sesegera mungkin.

“Kita lakukan beragam upaya api tinggal sedikit lagi. InsyaAllah semuanya bisa kita selesaikan malam ini,” kata Nicke di Balongan, Senin, 29 Maret 2021.

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya saat, menurutnya dengan menggunakan air dari laut.

“Apinya sudah jauh mengecil, kita akan ambil air dari laut,” tuturnya.

Menurut Nicke kilang minyak tersebut masih berstatus shutdown atau proses aliran minyak sedang dihentikan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari api meluas dan memudahkan tim untuk melakukan investigasi.

“Saat ini statusnya normal shutdown (dimatikan) ya, karena tidak terkait langsung area kilang namun untuk menjaga keamanan,” ujarnya.

Setelah memastikan api padam di semua lokasi kilang minyak, Nicke pun berencana mengaktifkan kembali agar beroperasi esok hari, Selasa, 30 Maret 2021.

“Kita akan cek semua, jangan sampe ada sisa-sisa kalau kita on-kan ada masalah dan besok kita persiapan untuk mengoprasikan kembali kilang,” ucap Nicke.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab ledakan pada tangki T301 yang beisi bahan bakar minyak (BBM) tersebut. Tapi yang jelas, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post