Terduga Teroris Bekasi-Condet Punya Bom Aktif hingga TATP

LIMAPAGI – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menggeledah lokasi terduga teroris di kawasan Condet, Jakarta Timur dan Bekasi, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, ada empat terduga teroris yang ditangkap. Mereka berinisial ZA, AA, AJ, dan DS.

“Kita temukan barang bukti lima bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan,” ungkap Sigit di Makassar, Senin, 29 Maret 2021.

Tak hanya itu, Densus 88 juga mengamankan lima toples besar yang berisi bahan-bahan peledak.

“Jumlahnya kurang lebih 4 Kg. Kemudian ditemukan bahan peledak yang sudah jadi jenis TATP (Triacetone Triperoxide) dengan jumlah 1,5 Kg,” beber Sigit.

Sigit melanjutkan, para terduga teroris ini memiliki peran masing-masing. Ada yang membeli bahan peledak, hingga mengajarkan membuat bom.

“Ada juga yang membuat handak dan yang siap menggunakan bahan tersebut. Jadi saat ini, tim Satgas di Jakarta terus mengembangkan untuk penangkapan pelaku-pelaku yang lain,” jelasnya.

Untuk diketahui, polisi menggrebek dua lokasi berbeda, pasca-ledakan bom di gerbang Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 28 Maret 2021.

Lokasi pertama di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukasari, Kecamatan Serangbaru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasi kedua, di Jalan Raya Condet Nomor 1, RT 005/RW 003, Kelurahan Bale Kambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post