5 Fakta Kapal Raksasa Ever Given yang Nyangkut di Terusan Suez

LIMAPAGI – Kapal kontainer Ever Given tertiup angin kencang saat badai pasir melanda pada Selasa, 23 Maret 2021. Akibatnya kapal raksasa tersebut tersangkut di kedua sisi kanal dan menutup jalur Terusan Suez yang merupakan rute perdagangan paling penting di dunia, selama berhari-hari.

Namun di balik peristiwa besar itu ada fakta-fakta unik kapal Ever Given yang perlu untuk diketahui. Melansir dari Middleeasteye pada Senin, 29 Maret 2021, berikut ini fakta-fakta kapal Ever Given.

1. Ukuran besar kapal Ever Given

Memiliki panjang 400 meter dan lebar 50 meter. Ever Given adalah kapal raksasa yang besarnya dua kali menara Kairo Mesir dan setengah ukuran gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa yang ada di Dubai.

2. Tujuan Ever Given

Awalnya kapal berangkat pada 7 Maret dari Yantian di China lalu singgah selama satu hari di pelabuhan Tanjung Pelepas di Malaysia.

Setelah itu ia berlayar menuju Pelabuhan Suez di Mesir pada 22 Maret 2021. Jika kapal tidak terjebak di kanal, diperkirakan ia akan tiba di Rotterdam pada 31 Maret menurut Vessel Finder.

3. Pemilik Ever Given

Kapal kontainer itu dimiliki oleh perusahaan Jepang Shoei Kisen Kaisha. Pihak perusahaan pun sebelumnya menyampaikan permintaan maaf atas macetnya Terusan Suez yang membuat banyak perdagangan tertunda.

Saat ini Ever Green dioperasikan oleh perusahaan transportasi Taiwan bernama Evergreen Marine, yang berbasis di Panama. Menurut laporan ia diasuransikan hingga USD140 juta.

4. Kapan Ever Given dibuat?

Ever Given dibuat pada 2018 dan memiliki kapasitas untuk 20.000 kontainer pengiriman berukuran 20 kaki (6 m).

Pendiri Evergreen, Chang Yung-fa, semula menentang operasi kapal yang mampu menampung lebih dari 8.000 kontainer, menurut The Telegraph.

Namun setelah kematiannya pada 2016, pewaris dinasti perkapalannya yaitu putra-putranya sendiri memutuskan untuk menjalankan megaship seperti Ever Given.

5. Akibat insiden tersangkutnya Ever Given

Insiden Ever Given yang tersangkut di Terusan Suez menyebabkan tertundanya perjalanan ratusan kapal yang harus melewati jalur tersebut.

Ini dapat menjadi bencana sistem pasokan global. Salah satunya adalah harga minyak dunia yang sempat naik lebih dari enam persen di Rabu (24/3) meski turun sedikit pada keesokan harinya.

Tak hanya minyak, insiden ini juga mungkin dapat memengaruhi pasokan dan harga barang-barang baik makanan, pakaian dan elektronik.

Reka Kumara
Reka Kumara

A reporter who focuses on entertainment and lifestyle, such as writing articles related to general facts, viral news, movies and celebrities.

 Education background: Medan Area University, Bachelor of Communication Science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post