Kapal Besar MV Ever Given Segera Dievakuasi dari Terusan Suez

LIMAPAGI – Kapal MV Ever Given beberapa hari ini menjadi sorotan warga dunia. Sebab, sudah enam hari pengangkut peti kemas itu terjebak di Terusan Suez.

Seperti diketahui, Kapal bermuatan 200 ribu ton itu dari Selasa, 23 Maret 2021, terperangkap di jalur vital perdagangan laut di kota Suez, Mesir. Hingga kini, masih terus dilakukan evakuasi lantaran posisinya yang melintang dan memblokir jalur laut.

Dilansir dari USA Today, Senin, 29 Maret 2021, operasi pengerukan akan dilakukan ketika melakukan evakuasi. Tujuannya, menghilangkan pasir serta lumpur yang berada di sekitar kapal tersebut.

Perusahaan layanan kanal Leth Agencies membatalkan upaya pemindahan pada Minggu, 29 Maret dan beralih ke hari Senin, 30 Maret dengan mempertimbangkan pasang tinggi air laut saat itu. Hal tersebut juga disampaikan oleh Pilot dari Otoritas Terusan Suez yang mengatakan bahwa kondisi air laut yang tidak bersahabat pada minggu malam.

“Hari minggu sangat kritis. Ini akan menentukan langkah selanjutnya, yang kemungkinan besar melibatkan setidaknya sebagian pembongkar kapal,” ujarnya seperti dikutip Limapagi.com, dari USA Today, Senin, 29 Maret 2021.

Menurut Manajer Teknis Kapal Bernhard Schulte Shipmanagement (BSM) menyebut, terdapat sebelas kapal yang membantu proses evakuasi sepanjang hari Sabtu dan dua kapal tambahan bergabung di hari Minggu.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post