Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Sampai 28 Hari

LIMAPAGI – PT Pertamina (Persero) menyampaikan kondisi terkini stok bahan bakar pascaterjadinya insiden kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin, 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari.

Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina, Mulyono mengatakan, ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih aman. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak panik terhadap jumlah pasokan BBM nasional.

“Kondisi stok nasional (BBM) sangat-sangat aman, masyarakat tidak perlu panik karena stoknya luber” ujar Mulyono dalam keterangan pers secara daring pada Senin, 29 Maret 2021.

Mulyono melanjutkan, jumlah stok gasoline yang ada saat ini tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang diperkirakan cukup sampai 27 hingga 28 hari ke depan dengan pertimbangan jumlah pemakaian nasional mencapai sekitar 62.500 kiloliter.

“Jadi sebagai gambaran untuk stok nasional untuk gasoline sekarang ketersediaannya itu ada 10,5 juta barrel,” jelas dia.

Bahan bakar solar, kata dia, tersedia untuk 20 hari ke depan dengan nilai stok yang tersimpan 8,8 juta barel. Sedangkan untuk avtur dengan jumlah 3,2 juta barel, dapat memenuhi kebutuhan konsumsi dengan perkiraan sampai 74 hari ke depan.

Diketahui, atas peristiwa itu Pertamina melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina juga melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementar, bagi warga sekitar di Gor Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu. ***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post