Dirut Pertamina: Yang Terbakar Bukan Kilang, tapi Tangki Penyimpan BBM

LIMAPAGI – Direktur Utama Pertamina Persero Nicke Widyawati mengatakan sumber ledakan yang terjadi di kilang minyak Balongan bersumber dari tangki dengan nomor T301.

“Yang terbakar bukan kilang ya tapi tangki T301 yang untuk menyimpan BBM, yang memang berada di kilang,” kata Nicke dalam konperensi pers, Senin 29 Maret 2021.

Saat ini, Nicke memastikan api sudah dapat dijinakan, dan dipastikan api tidak akan meluas.

“Api sudah kami lokalisir. api tidak akan menjalar ke area lain untuk mencegah api ke area lain kami sudah lakukan pendinginan,” tambahnya.

Pihak Pertamina, lanjut Nicke, belum mengetahui penyebab utama tangki ini meledak hingga menimbulkan kebakaran hebat.

Diberitakan sebelumnya, kobaran api yang membakar salah satu tangki di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayun itu dikabarkan mulai berkurang. Hal ini, disampaikan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

“Dibandingkan dengan semalam, kobaran api sekarang mulai berkurang,” ujarnya

Dia mengatakan, pihaknya beserta dengan Bupati Indramayu Nina Agustina telah meninjau langsung lokasi kebakaran. Mengenai penyebab meledaknya Kilang Minyak Balongan, Polisi masih melakukan penyelidikan dengan bekerja sama oleh pihak PT Pertamina RU VI Balongan.

“Kami mendengar informasi, ada rembesan atau bocoran di bagian tangki. Akan tetapi Ini informasi awal. Karena semalam ada petir dan macam-macam,” tuturnya.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post