Kilang Minyak Balongan Meledak, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman

LIMAPAGI – Kilang minyak PT Pertamina RU di VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat meledak Senin 29 Maret 2021, pada pukul 00.45 WIB.

Akibatnya kobaran api cukup besar terjadi di lokasi tersebut. Petugas dan warga sekitar telah dievakuasi mencegah kebakaran meluas.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Ifki Sukarya mengungkapkan pihaknya menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman dan tidak terpengaruh dari penyebab meledaknya Kilang Minyak Balongan.

“Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal,” ungkap dia dalam keterangan tertulis, Senin, 29 Maret 2021.

Ifki mengatakan pihaknya masih mencari penyebab dari terbakarnya Kilang Minyak Balongan. Dia hanya menjelaskan pada saat kejadian sedang turun hujan deras yang disertai oleh petir.

“Saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” sebutnya.

Kilang VI Balongan yang terbakar adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman masih terus dilakukan.***

Wiji Nurhayat
Wiji Nurhayat

Educational background: Jakarta State University, BA in History. Currently working at Limapagi as a Editor in Chief.

Working in the media world since 2012 as an Economic and Business Journalist. He focuses on writing real and macro sector, specially industry, trades, agriculture, maritime, also taxation.

He started his career at detik.com. Then he worked as an Business Editor at Kumparan, Content Marketing Lead at Mekari, and Public Relations Manager at Indodax.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post