Kilang Minyak Balongan Milik Pertamina Meledak

LIMAPAGI – Kilang minyak PT Pertamina RU di VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat meledak Senin 29 Maret 2021 pada pukul 00.45 WIB dini hari.

Akibatnya kobaran api cukup besar terjadi di lokasi tersebut. Petugas dan warga sekitar telah dievakuasi mencegah kebakaran meluas.

Pihak pertamina menyiapkan tempat evakuasi dan pengungsian sementara di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Ifki Sukarya mengatakan penyebab kebakaran kilang minyak di Balongan belum diketahui secara pasti. Ifki hanya mengatakan pada saat kejadian sedang turun hujan deras yang disertai oleh petir.

“Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” kata Ifki, Senin, 29 Maret 2021.

Kilang VI Balongan yang terbakar adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post