Suka Menginap di Hotel? Wajib Tahu Istilah-Istilah Ini

LIMAPAGI Staycation di hotel menjadi salah satu cara liburan yang banyak dipilih oleh sebagian orang untuk bersantai di tengah pandemi Covid-19. Kamu yang suka staycation di hotel pasti sering mendengar bermacam istilah. Apakah kamu tahu semua arti dari istilah tersebut?

Agar kamu tidak bingung dengan istilah-istilah yang ada di hotel, berikut arti dari istilah penting yang ada di hotel, seperti dikutip dari akun media sosial resmi Kemenparekraf.

1. Advance Deposit

Arti dari istilah ini adalah uang yang dibayar tamu sebagai jaminan pemesanan kamar. Besarnya uang ini biasanya minimal dari harga satu malam kamar ditambah dengan pajak dan pelayanan.

2. Pet-friendly hotel

Hotel yang menawarkan pelayanan khusus mulai dari tempat tidur, litter box, hingga sajian khusus untuk hewan. Tidak semua hotel menyediakan layanan ini (pet-friendly hotel). Jadi, jika kamu ingin menginap di hotel sambil membawa hewan, kamu harus memperhatikan istilah tersebut apakah ada di hotel yang kamu datangi atau tidak.

3. Family package

Untuk kamu yang akan staycation bersama keluarga harus pastikan hotel yang kamu pilih menerapkan family package. Family package adalah harga kamar dan fasilitas khusus bagi keluarga.

4. Stayover

Tak jarang tamu akan memperpanjang masa tinggalnya di hotel. Nah, untuk kamu yang ingin perpanjang masa menginap, gunakan istilah stayover tersebut.

5. Incognito

Pernah mendengar istilah incognito. Ini adalah istilah untuk status tamu yang menginap tapi minta keberadaannya dirahasiakan atau dianggap tidak pernah menginap di hotel sesuai permintaan dari tamu sendiri.

6. Concierge

Bukan ke resepsionis jika kamu membutuhkan bantuan selama menginap di hotel, kamu bisa ke concierge. Concierge adalah sebutan untuk posisi di sebuah hotel yang berperan penting melakukan pelayanan berupa menangani barang bawaan tamu, booking fasilitas, hingga surat menyurat bisnis.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post