7 Tips Ciptakan Makeup Flawless yang Natural

LIMAPAGI – Beberapa tahun belakangan ini, riasan wajah no-makeup menjadi tren dikalangan perempuan. Dan tahun pandemi ini, di mana setiap orang harus menggunakan masker, riasan wajah tema tersebut semakin diminati.

Pasalnya, jika menerapkan banyak foundation atau makeup yang terlalu tebal, perempuan takut akan berdampak pada timbulnya jerawat di wajah. Namun, mengaplikasikan makeup flawless natural juga tak mudah.

Jika salah mengaplikasikan foundation­-nya, penampilan kamu bisa terkesan cakey dan menjadi menor. Nah, untuk membantu kamu agar terlihat flawless natural sepanjang hari. Ikuti 7 tips yang telah dikutip dari Makeuptutorials, Minggu, 28 Maret 2021.

1. Pastikan membersihkan wajah secara menyeluruh

flawless natural
(freepik/@gpointstudio) Membersihkan wajah secara menyeluruh

Menciptakan tampilan kulit yang flawless dimulai dengan muka dalam keadaan bersih. Mulailah dengan mencuci muka dengan pembersih yang tepat untuk jenis kulit kamu. Pastikan tidak ada lagi minyak dan kotoran sebelum mengenakan makeup. Lakukan eksfoliasi secara rutin agar permukaan tekstur kulit menjadi halus dan makeup terlihat flawless.

2. Kulit harus lembap

Temukan moisturizer atau pelembab yang tepat. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Untuk kulit kering atau sensitif, pilih krim yang lebih kental untuk mengunci kelembapan. Kulit normal pilih pelembab yang hydrating. Dan untuk kulit berminyak pilih yang berbahan dasar air.

Kulit yang lembap membuat foundation terlebih lebih natural. Pasalnya, pengaplikasikan makeup pada kulit yang kering berisiko munculnya efek crakcy dan mudah luntur.

3. Oleskan primer

tips makeup flawless
(makeuptutorials.com) Pengaplikasian primer membuat pori-pori dan kerutan halus di wajah tertutupi

Selesai menggunakan moisturizer, oleskan primer berwarna terang. Pengaplikasian primer membuat pori-pori dan kerutan halus di wajah tertutupi dengan sempurna.

4. Pilih foundation yang tepat

Memilih foundation yang bagus adalah hal penting untuk menciptakan tampilan wajah yang flawless natural. Untuk kamu yang menginginkan hasil riasan wajah tersebut, pilih produk foundation bertekstur cair. Dibandingkan dengan cream atau powder foundation, liquid foundation menghasilkan tampilan lebih natural karena mudah dibaurkan di kulit wajah.

5. Menggunakan concealer seperlunya

tips makeup
(makeup.com) Aplikasikan concealer pada lingkaran bawah mata

Agar tampilan tetap terlihat flawless natural, pilih concealer yang mendekati warna kulit wajah. Lalu, aplikasikan concealer pada lingkaran bawah mata jika terdapat lingkaran gelap di sana. Sebaiknya, jangan aplikasikan concealer dalam jumlah yang banyak secara sekaligus. Lebih baik sedikit demi sedikit agar mendapatkan hasil flawless natural yang diinginkan.

6. Gunakan translucent powder

Translucent powder adalah bedak yang tidak memberikan coverage tambahan dan biasanya bedaknya berwarna putih sehingga cocok untuk konsep makeup flawless natural. Beri bedak pada hidung, pipi, dan dahi.

Gunakan kuas yang halus untuk menaburi bedak tersebut di kulit wajah sehingga mendapatkan tampilan yang alami dan untuk menghindari riasan terlalu tebal.

7. Aplikasikan bronzer atau blush on

flawless natural
(more.com) Mengaplikasikan bronzer atau blush on

Bronzer diperlukan untuk menambah warna “hangat” pada wajah. Pilih bronzer yang dua tingkat lebih gelap dari kulit wajah kamu. Gunakan kuas untuk mengoleskan bronzer pada dahi, hidung, dan pipi. Untuk membuat wajah terlihat lebih tirus, aplikasikan bronzer tepat di apple on the cheeks.

Jika kamu mau mengguakan perona pipi, pilih yang sesuai dengan warna kulit wajah dan aplikasikan juga di appels on the cheeks.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post