Proyek Dinginkan Suhu Bumi Dukungan Bill Gates Dinilai Berbahaya

LIMAPAGI – Bill Gates diikabarkan mendukung proyek program pengurangan krisis iklim. Proyek tersebut bekerja dengan cara menjatuhkan berton-ton debu kapur ke stratosfer, lapisan kedua dari atmosfer bumi. Tujuannya untuk mendinginkan suhu bumi.

Proyek yang didukung Bill Gates ini tampak menggiurkan, namun, ada beberapa pihak yang menilai itu cukup berbahaya. Terlepas dari popularitasnya, seperti Limapagi.com olah dari Sputnik, Senin, 29 Maret 2021, proyek tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas ilmiah.

Seorang kritikus mengatakan, inisiatif itu tidak mengatasi penyebab utama di balik krisis iklim, yakni polusi dan akan memberikan para politisi alasan untuk tidak mengambil langkah-langkah sulit demi menyelesaikan akar masalahnya.

Yang lain menunjukkan bahwa gagasan itu sendiri cukup berbahaya. Sir David King dari University of Cambridge menyatakan, teknik tersebut harus dilarang karena bisa merusak sistem cuaca dengan cara yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun.

Sementara itu, ilmuwan di balik proyek itu meyakinkan jika sebagian kecil kapur yang mereka rencanakan untuk diledakkan pada bulan Juni ini, tidak akan menimbulkan masalah.

Mereka menekankan bahwa ide mereka bukanlah “obat mujarab” untuk masalah krisis iklim, tetapi, tidak lebih dari pilihan yang bisa diterapkan bersama.

“Apapun pendapat saya atau orang lain dari generasi saya tentang teknik ini, termasuk orang yang berpikir itu tidak boleh dan tidak akan pernah bisa digunakan, bukan kami yang bakal memutuskan,” ujar David Keith, anggota tim studi, dikutip dari Sputnik.

Sayangnya, Dia menyebut belum bisa memutuskan, timnya bakal mempelajari teknik itu atau tidak. Namun, mereka akan melakukan penyelidikan mendalam tentang risikonya, dan seberapa baik hal itu bisa berhasil. Ini penting dilakukan guna membeir informasi kepada generasi berikutnya, agar bisa membuat keputusan tepat.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post