Fotografer Ini Butuh 12 Tahun untuk Abadikan Galaksi Bima Sakti

LIMAPAGI – Mengabadikan momen dalam kehidupan sehari-hari mungkin bukan hal sulit dilakukan bagi Fotografer profesional. Lebih dari itu, ada pekerjaan lain bernama Astrofotografer seperti yang digeluti oleh JP Metsavainio.

Astrofotografer asal Finlandia itu memotret wujud galaksi Bima Sakti selama 12 tahun, untuk membuat mosaik. Dia memulai aktivitasnya itu sejak 2009 dari observatoriumnya di Oulo, Finlandia, dan karyanya berhasil memperlihatkan keberadaan 20 juta bintang di galaksi Bima Sakti.

Berkat usaha JP Metsavainio mengabadikan Galaksi Bima Sakti, kini bisa didokumentasikan beberapa benda langit.  Beberapa yang tampak dalam mosaik itu, yakni Nebula California, Nebula Pelikan, Nebula Penyihir, dan banyak lagi.

“Butuh waktu hampir 12 tahun dalam mengumpulkan cukup data untuk gambar mosaik Bima Sakti dengan resolusi tinggi. Total waktu potret yang dilakukan adalah sekitar 1.250 jam,” tulis Metsavainio, seperti Limapagi.com kutip dari blog-nya, Senin, 29 Maret 2021.

Laporan laman Space mengatakan, mosaiknya tersebut dijahit menjadi satu dari 234 foto yang dihasilkan, dan itu mengungkapkan keindahan luar bisa dari galaksi. Durasi 12 tahun dibutuhkan karena ukuran mosaik mencapai 1,7 gigapiksel, dan fakta bahwa objek yang dipotret sangatlah jauh.

Menurut Business Insider, Metsavainio mengamati bintang di observatorium pribadinya ketika langit tidak berawan. Sebab, momen ini menjadi waktu yang ideal untuk mengabadikan momen tersebut.

Selain itu, Astrofotografer itu juga memanfaatkan periode musim dingin.  Pemilihan waktu tersebut, memperhatikan objek yang bakal diabadikan melalui teleskop dan mengambil fotonya.

Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA