Pemerintah Larang Aktivitas FPI, Begini Respons Komnas HAM

LIMAPAGI – Pemerintah Indonesia secara resmi melarang aktivitas Front Pembela Islam atau FPI. Pemerintah menyebut, FPI sudah dinyatakan bubar sejak Juni 2019.

Pelarangan ini dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama enam pejabat tertinggi di kementerian dan lembaga. Dalam surat itu, pemerintah menyatakan FPI adalah organisasi terlarang.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) enggan berkomentar banyak terkait hal ini. Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufik Damanik mengatakan, pihaknya bakal membaca dulu surat tersebut.

“Mempelajari dulu hal ini dan tentu saja juga harus cermat,” kata Ahmad, seperti dikutip Limapagi dari Antara.

“Apalagi saat ini kami sedang melakukan penyelidikan yang ada kaitannya dengan peristiwa FPI,” lanjutnya.

Ahmad menegaskan, Komnas HAM harus berhati-hati sebelum memberikan komentar. Dia pun berjanji, akan memberikan respons terkait kebijakan ini dalam beberapa hari ke depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah melarang aktivitas FPI berdasarkan peraturan perundang-undangan dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 82/PUUXI/2013 tertanggal 23 Desember 2014.

Pemerintah juga menyebut, secara de jure, FPI sudah bubar sebagai organisasi masyarakat pada 21 Juni 2019. FPI juga disebut sudah tak punya lagi legal standing untuk melakukan aktivitas.

“Jadi, dengan adanya larangan ini, (FPI) tidak punya legal standing,” ujar Mahfud MD.

Menko Polhukam kemudian mengimbau kepada aparat pemerintah, baik di pusat maupun daerah, untuk melarang atau menolak jika ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI.***

Wirawan Kusuma
Wirawan Kusuma

Muhammad wirawan kusuma is the managing editor at limapagi.id

Educational background: Bachelor of Communication Science at IISIP Jakarta.

He has been a reporter and editor in a number of media, and he has worked in several major media such as Kompas.com, Sindonews.com, Viva.co.id and Bola.com.

Previously, he also worked as a content curator at BBM.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.