7 Manfaat Kesehatan Susu Almond dan Efek Sampingnya

Almond adalah salah satu kacang paling bergizi dan serbaguna di dunia, terkenal karena manfaat kesehatan dan kulinernya yang luar biasa.

Selain itu, di banyak tempat, kacang almond biasa dinikmati sebagai camilan sehat, digiling menjadi tepung dan diubah menjadi susu kental yang dikenal dengan susu almond.

Bicara soal susu almond, ini merupakan salah satu produk almond paling terkenal yang menjadi sangat populer karena tekstur dan rasanya yang lezat.

Susu almond dibuat dengan merendam dan mencampurkan almond bersama air, lalu menyaring campurannya untuk menghilangkan padatannya.

Manfaat Kesehatan Kacang Almond

Para peneliti menyarankan bahwa susu almond merupakan alternatif yang baik untuk anak-anak dan orang dewasa yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu.

ini juga merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang yang mengikuti pola makan vegan.

Susu almond diperkaya dengan banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin E, riboflavin, vitamin D, tembaga, seng, kalsium, magnesium, fosfor, dan lain-lain.

Susu almond yang dijual secara komersial mengandung pengental dan pengawet untuk meningkatkan tekstur dan umur simpan. Ini juga mengandung nutrisi tambahan untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan susu almond yang akan kamu dapatkan bila dikonsumsi secara rutin dengan kadar cukup:

1. Membantu menurunkan berat badan

Susu almond aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena rendah kalori dan gula.

Artinya, kamu dapat meminumnya dalam jumlah banyak tanpa khawatir akan penambahan berat badan.

Almond juga mengandung tinggi asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol manajemen berat badan.

2. Menstabilkan kadar gula darah

Susu almond tanpa pemanis tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Inilah alasan kedua kenapa jenis susu ini aman bagi penderita diabetes.

Jadi, bila selama ini penderita diabetes sering membatasi asupan karbohidrat harian mereka, maka selanjutnya dapat mengimbangi dengan konsumsi susu almond.

3. Mendukung kesehatan tulang

Karena susu almond kaya akan kalsium dan vitamin D, mengonsumsinya akan membantu menjaga tulang kuat dan sehat.

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk mengembangkan tulang sehat serta mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

Di sisi lain, vitamin D juga berperan besar dalam kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat susu almond berikutnya berkontribusi pada kesehatan jantung. Hal itu karena di dalamnya kaya akan lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Dengan begitu, minum susu almond menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

5. Melawan kerusakan radikal bebas

Susu almond merupakan sumber vitamin E yang baik, vitamin yang larut dalam lemak yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E juga berperan memerangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, sehingga mencegah risiko penyakit kronis.

6. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Kandungan vitamin E dalam susu almond membantu memperlambat perkembangan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Sejumlah studi telah menemukan bahwa vitamin E meningkatkan kinerja mental dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

7. Bebas kandungan laktosa

Terakhir, manfaat susu almond secara alami diperoleh dari kandungan bebas laktosa di dalamnya, menjadikannya pilihan cocok untuk orang yang memiliki intoleransi laktosa, suatu kondisi di mana orang tidak dapat mencerna laktosa dan gula dalam susu.

Karena itulah, susu almond adalah susu nabati, dan orang-orang yang memilih untuk menghindari produk susu dan menjadi vegan dapat memilih jenis susu almond ini.

Efek Samping Susu Almond

Terlepas dari beberapa manfaat kesehatan susu almond, jenis susu ini juga dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak terkontrol.

Adapun efek samping minum susu almond salah satunya mengganggu kesehatan usus karena mengandung gula, gerah, dan karagenan (suatu pengemulsi yanng merusak).

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics melaporkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu almond dalam jumlah berlebihan menyebabkan batu ginjal.

Selanjutnya, para peneliti menyimpulkan bahwa susu almond merupakan sumber oksalat makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal. Karena itulah sebaiknya dihindari oleh anak-anak.

Selain itu, anak-anak di bawah usia satu tahun harus menghindari minum susu nabati termasuk susu almond. Sebab, dapat mengganggu penyerapan zat besi dan menyebabkan kekurangan gizi.

Untuk mendapatkan manfaat terbesar dari susu almond, pilihlah susu almond tanpa pemanis dan tanpa rasa. Kamu juga bisa membuat susu almond sendiri di rumah.

Berikut cara membuat susu almond sendiri:

  • Rendam 2 cangkir almond dalam air semalaman dan tiriskan sebelum digunakan.
  • Keluarkan kulit almond dan tambahkan ke dalam blender dengan air dan blender selama 1-2 menit sampai air keruh dan almond digiling halus.
  • Tuang campuran ke dalam saringan yang ditempatkan di atas gelas.
  • Tekan ke bawah untuk mengekstrak cairan sebanyak mungkin.
  • Selanjutnya, kamu dapat menyimpan susu almond di lemari es selama 4-5 hari.

Nah, itulah beberapa poin seputar manfaat kesehatan susu almond dan efek samping minum susu almond berlebihan. Semoga bermanfaat, ya!

KABAR LAINNYA

Discussion about this post