Gubernur Zainal A. Paliwang: Kaltara Ini Rumah Kita, Jadi Harus Rukun

LIMAPAGI - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang, berharap semua pemuda bisa ikut serta dalam membangun daerah. Dia juga berharap semua pemuda di Kaltara, dari manapun asalnya, untuk tetap rukun.

Hal ini disampaikan Gubernur Zainal saat menghadiri musyawarah kerja (musker) Ikatan Persaudaaraan Pemuda Makassar (IPPM) Kaltara di Hotel Royal Crown, belum lama ini.

Gubernur Zainal menyebut, Kaltara bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia, di mana terdapat berbagai macam suku, agama, adat dan istiadat. Untuk itu, keberadaan para pemuda dan pemudi, termasuk IPPM Kaltara, harus dapat kompak dan harmonis.

Baca Juga: Gubernur Kaltara Punya Komitmen Tinggi dalam Pengembangan SDM

"Kaltara ini rumah kita, jadi harus rukun, kompak, dan harmonis karena dengan begitu kita bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita Kaltara," kata orang nomor satu di Kaltara itu.

Jika terjadi masalah, dia ingin semuanya bisa diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan.

“Biasanya dalam rumah itu terjadi pertengkaran, tapi sebisa mungkin pertengkaran itu dapat diredam agar tidak semakin membesar. Di samping itu, peran serta orang tua, sesepuh, tokoh masyarakat, dan pihak lainnya harus ikut serta membantu meredam pertengkaran tersebut," ujar Gubernur Kaltara.

"Pemuda di Kaltara harus bisa memperlihatkan kinerja yang baik, saya harapkan bukan hanya pemuda di IPPM Kaltara saja tapi seluruh komunitas pemuda harus bisa saling bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kaltara," tambahnya.

Diungkapkan Zainal A Paliwang, di Kaltara ini sangat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan para pemuda. Baik di bidang pertambangan, perikanan, perkebunan, dan lainnya.

Hal ini karena Kaltara merupakan serpihan surga yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

"Contoh di bidang perkebunan, apa saja bisa kita tanam dan pasti hidup dan tumbuh. Jadi kalau ada kita punya lahan kosong mari dimanfaatkan agar dapat menjadi nilai tambah ekonomi bagi kita," ungkap mantan Wakapolda Kaltara tersebut.

Wirawan Kusuma
Wirawan Kusuma

Muhammad wirawan kusuma is the managing editor at limapagi.id

Educational background: Bachelor of Communication Science at IISIP Jakarta.

He has been a reporter and editor in a number of media, and he has worked in several major media such as Kompas.com, Sindonews.com, Viva.co.id and Bola.com.

Previously, he also worked as a content curator at BBM.

KABAR LAINNYA