Demokrat Anggap Wamendes Budi Arie Tak Serius Tangani Pandemi Covid-19

LIMAPAGI - Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi tidak serius menangani pandemi Covid-19 dalam negeri.

Sebab, kata dia Budi Arie yang merupakan seorang pejabat publik di bawah kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), malah meunggah karikatur bernada fitnah dan hoaks ke Partai Demokrat, dalam akun media sosial Facebook miliknya.

"Sebagai Wakil Menteri, tentunya bisa terhitung sebagai orang yang cukup dekat dengan Bapak Presiden. Seakan-akan tidak ada keseriusan dari Wamendes dalam menangani pandemi Covid-19," ujar Herzaky dalam keterangan video yang diterima, Sabtu, 31 Juli 2021.

Baca Juga: Demokrat Jabar Polisikan Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi

Pihaknya menyayangkan Budi Arie malah mengunggah karikatur tersebut di Facebook dalam situasi perang melawan Covid-19. Padahal, semua elemen masyarakat, termasuk Demokrat getol membantu rakyat di lapangan dengan berbagai jenis bantuan.

"Dan bantu mengawal kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid agar benar-benar bermanfaat dan berguna langsung untuk rakyat," katanya.

Pihaknya pun mempertanyakan apakah unggahan Budi Arie merupakan upaya pengalihan pemerintah dari isu ketidaksiapan dan ketidaksigapan pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Karena, menurutnya unggahan serupa fitnah dan hoaks muncul secara terstuktur dan sistemik, setelah satu  tahun pemerintah menangani kasus pandemi dalam negeri.

"Tapi kemudian itu coba-coba dialihkan dengan bebabagai macam fitnah dan hoaks kepada Partai Demokrat," ucapnya.

Unggahan di Facebook

Dalam akun atas nama Budi Arie Setiadi karikatur diunggah pukul 11.53, 24 Juli 2021. Dalam unggahan Facebook Pendiri Ketua Umum organisasi relawan pendukung Jokowi (Projo) ini menuliskan keterangan 'Ada flyer lucu nih'.

Karikatur memperlihatkan lima sosok di lima jari. Pertama, jempol menggambarkan manusia berdasi berkepala kursi, jari telunjuk menggambarkan manusia berdasi memegang uang.

Ketiga dan keempat, yaitu jari tengah dan jari manis menunjukan dua orang manusia berkelahi, dan kelima jari kelingking menggambarkan pengemis.

Unggahan karikatur di Facebook Budi Arie Setiadi.

Di masing masing jari ada tulisan 'DE-MO-K-RA-T' dengan keterangan tulisan PAKAI TANGAN ADIK-ADIK  MAHASISWA LAGI UNTUK KEPENTINGAN SYahwat BERKUASANYA #BONGKARBIANGRUSUH.

Tapi jika diteliti, huruf T di jari kelingking tersebut adalah SI. Sebelum perubahan huruf, karikatur tersebut bertuliskan 'DE-MO-K-RA-SI'.

Unggahan tersebut lantas dilaporkan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Barat ke Kepolisian Daerah (Polda) Jabar. Pelaporan atas dugaan penyebaran berita bohong (hoaks) dan fitnah untuk menimbulkan kebencian kepada Partai Demokrat dan mahasiswa.

Sedangkan hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Budi Arie terkait unggahan yang dipersoalkan Partai Demokrat tersebut.

Nuranisa Hamdan
Nuranisa Hamdan

Journalist who focus on national issues, such as political, legal, criminal, and health.

Last education: Bachelor Degree of Communication in Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung

Now join in Limapagi as a News Editor.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.