4 Tips Mengatasi Lelah Usai Covid-19, dari Pola Makan sampai Olahraga

LIMAPAGI - Tak sedikit pasien yang sembuh dari Covid-19 merasa lelah atau fatigue. Bahkan, menurut studi Shendy 64 persen penyintas mengalami kelelahan selama satu bulan.

Dampak dari kondisi tersebut sangat memengaruhi aspek kehidupan, terutama bagi para pekerja. Dari studi yang sama menilai bagi para penyintas sering kurang produktif.

Lantas bagaimana mengatasi rasa lelah setelah mengidap Covid-19? Berikut tips yang dapat kamu lakukan seperti dirangkum Limapagi.id dari laman instagram @doktersam.

Pertama yang harus dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi. Tentunya makanan bergizi kini sangat mudah didapatkan dan kamu bisa mengolah sendiri di rumah.

Baca Juga: Heboh Peneliti Klaim Temukan Deltacron, Varian Baru Covid-19?

Kedua bagi kamu perokok aktif disarankan untuk berhenti merokok untuk mengatasi rasa lelah usai mengidap Covid-19. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok, salah satunya dengan melakukan kegiatan atau hobi yang disukai.

Ketiga yang harus dilakukan yaitu olahraga ringan dan rutin. Olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu dengan berjalan santai 150 menit dalam seminggu, serta latihan otot tiga kali dalam seminggu.

Keempat untuk mengatasi rasa lelah bisa dengan cara mengelola stres, batasi alkohol serta mengurangi konsumsi kafein. Jadi, lakukan cara di atas untuk mengatasi rasa lelah pasca Covid-19.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA