Ini Alasan YouTube Hentikan Konten ‘YouTube Rewind'

LIMAPAGIYouTube mengumumkan akan menghentikan video rekap akhir tahun, atau yang lebih dikenal sebagai YouTube Rewind secara permanen. Kabar ini diterangkan melalui akun Twitter resmi YouTube pada 7 Oktober 2021.

Setelah sebelumnya membatalkan Rewind tahun lalu karena pandemi Covid-19, kali ini YouTube membeberkan alasan penghentian YouTube Rewind karena platform tersebut sudah terlalu besar.

Baca Juga: YouTube akan Luncurkan Fitur ‘Lanjutkan Menonton’ dari Ponsel ke Web

YouTube merasa tidak mungkin membuat Rewind mengenai konten setahun terakhir hanya dalam video berdurasi beberapa menit.

“Ketika kami memulai Rewind pada 2011, kami ingin meluangkan waktu untuk merayakan hal luar biasa yang dibuat oleh komunitas YouTube. Selama bertahun-tahun, kami melihat Rewind yang dibuat oleh YouTube tidak mungkin mencerminkan seluruh kreator kami,” tulis YouTube pada akun Twitter resminya, dikutip Tech Times, Jumat (8/10/2021).

Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang masih memprihatinkan, YouTube merasa tidak benar jika bertindak seolah tidak terjadi apa-apa. Mereka juga menulis "terima kasih kepada semua kreator yang terlibat dalam Rewind," sebagai bentuk apresiasi pada kreator YouTube selama ini.

Baca Juga: YouTube akan Blokir Semua Konten Anti-vaksin

Selanjutnya, YouTube akan menyerahkan tanggung jawab kepada kreator untuk menuangkan perspektif mereka mengenai konsep Rewind.

Hal ini seperti yang telah dilakukan tahun lalu oleh kreator YouTube dari berbagai belahan dunia, yakni ketika mengunggah Rewind versi mereka sendiri tanpa dipublikasikan di saluran resmi YouTube.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.