Anies Optimistis Kontingen Jakarta Jadi Juara Umum dalam PON XX Papua

LIMAPAGI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis kontingen Ibu Kota bakal meraih juara umum dalam kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pada 2-15 Oktober 2021.

Bukan tanpa alasan, menurut Anies berdasarkan rekam jejak yang ada, dari 20 kali penyelenggaraan PON di Indonesia, atlet DKI Jakarta menyabet gelar 11 kali juara umum.

"DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum, dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," kata Anies dalam keterangan tertulis usai melepas Kontingen DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

Baca Juga: Pesan Anies Selama PPKM Level 3: Kompak Disiplin Prokes 6M

Secara statistik, kata dia perolehan medali DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya berada di papan atas. Hanya pada PON XIX Jawa Barat 2016 saja kontingen Jakarta meraih peringkat ketiga.

Jadi, ia berharap pada PON XX Papua, atlet andalan Ibu Kota bisa berjuang sekuat tenaga agar kembali meraih juara umum. Apalagi, persiapan atlet Jakarta telah matang, baik dari segi fisik dan mental.

"Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda, lakukan yang terbaik," tutur dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun berpesan kepada seluruh atlet Ibu Kota untuk menjaga sportivitas dan menjadi teladan bagi dunia olahraga selama pertandingan berlangsung.

Anies juga mengingatkan agar kontingen Jakarta menerapkan kedisiplinan selama PON XX berlangsung. Sebab, hal tersebut dinilai akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan.

"Kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus," katanya.

Baca Juga: Jakarta PPKM Level 3, Anies Sudah Izinkan Bioskop Beroperasi Kembali

Adapun total jumlah atlet di DKI Jakarta yang akan mengikuti 37 cabang olahraga pada PON XX Papua adalah sebanyak 735 orang.

Jika ditambahkan dengan para official dan pelatih, jumlah total kontingen yang berangkat ke Papua berkisar 1.350 orang.

Rizal Mahmuddhin
Rizal Mahmuddhin

Education Background: Journalism Study Program, Communication Faculty of Budi Luhur University. 

Participated in writing for Focus section, it's kind of collection of articles with a feature writing in Akurat.co (online media) for two and half years.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.