YouTube Hentikan Rewind Setelah Beroperasi Selama 10 Tahun

LIMAPAGI - Setiap tahunnya, YouTube secara rutin menayangkan video kompilasi bertajuk YouTube Rewind. Video tersebut berisi sorotan kreator, konten, momen, serta tren terbesar di platform tersebut selama satu tahun terakhir.

YouTube Rewind sendiri telah beroperasi selama 10 tahun sejak 2011. Sayangnya, kini YouTube secara resmi mengakhiri tradisi perayaan tahunan itu.

Baca Juga: YouTube akan Blokir Semua Konten Anti-vaksin

Dalam keterangan resminya, YouTube beralasan bahwa YouTube Rewind sejatinya tak mewakili semua kreator yang ada.

"Ketika Rewind dimulai pada 2011, kami ingin meluangkan waktu untuk merayakan beberapa hal luar biasa yang dibuat oleh komunitas YouTube. Selama bertahun-tahun, kami telah melihat bahwa satu Rewind yang dibuat oleh YouTube tidak mungkin mencerminkan seluruh komunitas pembuat konten kami," tulis YouTube di akun Twitter resminya.

Selain itu, para pengguna YouTube juga sempat mengajukan kritik terhadap tayangan Rewind terkait ketidakadilan tersebut. Pada 2018, video YouTube Rewind mendapatkan 19 juta tombol tidak suka dan hanya 3 juta orang yang menyukainya.  

Melansir dari Tubefilter, YouTube mengatakan bahwa platform-nya sangat besar dan akan lebih baik jika para kreator membuat versi Rewind-nya sendiri.

"Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana pembuat rekap tahun ini dan membuat Rewind versi mereka sendiri," tulis YouTube.

Baca Juga: YouTube akan Luncurkan Fitur ‘Lanjutkan Menonton’ dari Ponsel ke Web

Meski demikian, YouTube mengatakan bahwa perusahaan sedang dalam perencanaan untuk menyajikan pengalaman berbeda untuk seluruh penggunanya. Sayangnya, tak dijelaskan dalam bentuk apa YouTube akan menggantikan YouTube Rewind yang sudah dihentikan itu.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.