Dikenal Obat Cacing, Ini Deretan Penyakit yang Sembuh dengan Ivermectin

LIMAPAGI - Ivermectin saat ini tengah ramai diperbincangkan oleh publik, khususnya di dunia kesehatan. Kabarnya obat ini akan menjadi angin segar untuk menanggulangi badai Covid-19. Pasalnya di beberapa negara yang sudah menggunakan obat tersebut, berhasil menekan tingkat keparahan pasien Covid-19.

Namun, nyatanya ternyata obat ini telah hadir puluhan tahun lalu di dunia medis. Terbukti bahwa Ivermectin telah digunakan sebagai salah satu obat medis di seluruh dunia selama 40 tahun. Bahkan kabarnya obat ini sudah digunakan oleh lebih dari empat miliar manusia di muka bumi.

Sebelum tenar menjadi obat penanganan Covid-19, Ivermectin digunakan oleh tenaga kesehatan sebagai obat anti parasit. Ivermectin dipercaya dapat mengobati infeksi akibat cacing gelang sejak puluhan tahun ke belakang.

Selain itu, ivermectin juga dinilai ampuh untuk pasien dengan penyakit Strongiloidiasi, Onchocerchiasis, Cutaneous Larva Migrans, Scabies atau kudis, Ascariasis dan Filariasis.

Namun, pada tahun 2012 terdapat penelitian lanjutan yang mengkaji ulang khasiat Ivermectin. Menurut Dr Pierre Korry, Chief Medical Officer, Frontline Covid-19 Critical Care Alliance mengatakan setelah melihat hasil studi sains dasar, tak hanya sebagai obat anti parasit, Ivermectin juga dapat membasmi virus lainnya.

“Berdasarkan studi sains dasar yang telah dilalui selama 10 tahun, Ivermectin sangat efektif dalam memberantas banyak jenis virus.” ujar Dr Pierre.

Dalam studi penelitian tersebut Ivermectin berhasil menghalangi virus Zika, DBD , West Nile, Influenza, HIV, dan lain sebagainya. Bahkan pada tahun 2015, Ivermectin dianugerahkan dengan Nobel Prize. Kemudian Ivermectin juga menjadi salah satu obat yang masuk dalam daftar obat esensial WHO.

Obat ini bekerja dengan cara membunuh larva cacing atau benih virus di dalam tubuh. Sehingga obat ini berfungsi untuk mencegah replikasi virus yang ada di tubuh manusia. Namun pada dasarnya ivermectin hanya bisa digunakan dengan resep dokter
 

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post