Jutaan Data Pasien Diduga Bocor, Kominfo Intens Komunikasi dengan Kemenkes

LIMAPAGI - Sebanyak 6 juta data pasien yang dikelola Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diduga bocor. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan pelacakan.

Juru bicara Kementerian Kominfo Deddy Permadi mengatakan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate telah memerintahkan jajarannya untuk berkomunikasi dengan Kemenkes secara intens.

"Berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Deddy dalam keterangan tertulis diterima Jumat, 7 Januari 2022.

Baca Juga: Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19 Milik Kemenkes, Dokumen Capai 720 GB

Dedy mengatakan Kemenkes juga tengah melakukan langkah-langkah internal merespons dugaan kebocoran yang terjadi. "Termasuk salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," imbuhnya.

Berkaca kepada kasus serupa yang pernah terjadi, Kementerian Kominfo meminta seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) baik publik maupun privat yang mengelola data pribadi untuk secara serius.

"Memerhatikan kelayakan dan keandalan pemrosesan data pribadi yang dilakukan oleh PSE terkait baik dari aspek teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia," terangnya.

Jutaan data itu diduga bocor dan dijual di forum gelap pada situs Reddit.

Data yang diduga bocor itu terdiri dari data pribadi pasien dan rekam medis dari berbagai rumah sakit yang dikelola server Kemenkes.

KABAR LAINNYA