Gerak Cepat, BIN Turun Tangan Buru Peretas Situs Sekretariat Kabinet

LIMAPAGI - Pembobolan situs resmi pemerintah oleh hacker kembali terjadi. Kali ini menimpa situs milik Sekretariat Kabinet yaitu setkab.go.id.

Badan Intelijen Negara atau BIN turun tangan menghadapi peretasan. Pihak BIN bergerak cepat membantu memburu siapa pelaku yang telah meretas situs penyampai informasi dari Istana tersebut.

“Menyikapi peretasan situs Sekretariat Kabinet, BIN mengambil langkah upaya penyelidikan untuk mengungkap pelakunya,” kata Deputi VII dan juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto dalam pesannya kepada Limapagi, Sabtu 31 Juli 2021.

Baca Juga: Situsnya Dibobol Hacker, Sekretariat Kabinet Kaji Tindakan Hukum

Dalam pengejaran ini BIN berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang lain. BIN dan Polri bekerja sama membongkar aksi peretasan ini.

“Langkah tersebut juga dikoordinasikan dengan pihak kepolisian untuk bersama-sama melakukan pengusutan lebih lanjut guna membongkar dan memproses hukum pelaku peretasan,” ujar Wawan.

Wawan memastikan pelaku telah melakukan pelanggaran hukum. Pelaku diancam dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

“Peretasan adalah suatu pelanggaran hukum. Di Indonesia, aturan soal peretasan telah dimuat dalam Undang-Undang (UU) 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ITE,” kata Wawan.

Baca Juga: Situs Sekretariat Kabinet Diretas, Muncul Pesan Kritik ke Pemerintah

Sebelumnya, tidak lama setelah diretas, pihak Setkab langsung melakukan langkah-langkah untuk memulihkan situs. Kini, situs sudah kembali pada tampilan dan isi seperti semula.

“Benar telah terjadi peretasan terhadap website Sekretariat Kabinet sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung dimitigasi oleh tim dari Setkab,” kata Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab, Said Muhidin, secara terpisah.

Reza Fajri
Reza Fajri

Reza is a senior reporter focusing on politic, law, environment and national issues. He has been a journalist since 2014. 

He has long covered the National Police Headquarters, Parliament, Presidential Palace and various other places. He also has interviewed many important figures. Having worked as a reporter for national online media and other publications.

Education: Jakarta Islamic State University, BA in communication and broadcasting.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.