Ini Langkah-Langkah yang Dilakukan Menparekraf untuk Pemulihan Pariwisata Daerah

LIMAPAGI - Pandemi Covid-19 memukul dunia pariwisata di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Indonesia sebagai negara yang kaya akan wisata alamnya begitu terdampak dengan adanya pandemi ini.

Apalagi, melihat kondisi Bali, yang diprediksi mengalami kontraksi hingga 8 sampai 9 persen di kuartal kedua tahun 2021. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan demi membangkitkan kembali pariwisata, tak hanya di Bali tetapi juga seluruh tempat wisata di daerah Indonesia.

Berikut langkah-langkah dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno untuk memulihkan kembali pariwisata di Indonesia.

1. Revitalisasi Destinasi dan Peningkatan Confidence Pasar

Langkah pertama ini dilakukan untuk memberikan rasa aman berwisata kepada calon wisatawan domestik. Ada empat cara dari Sandi agar langkah pertama ini bisa berjalan lancar.

“Untuk mewujudkan rasa aman berwisata maka harus melakukan percepatan program vaksinasi, perluasan sertifikasi CHSE, peningkatan resiliensi bagi industri melalui dukungan permodalan, dan menghadirkan terus desa-desa wisata,” kata Sandiaga dalam acara Webinar “Menata Wisata Daerah Menuju Pemulihan” bersama Core Indonesia, Selasa, 29 Juni 2021.

2. Pemulihan Permintaan Domestik

Pandemi membuat wisatawan tidak bisa melancong ke luar negeri. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk terus menggali potensi dalam negeri. Sandiaga mengharapkan tiap pemimpin daerah memberikan perhatikan lebih kepada potensi pariwisatanya di daerah masing-masing.

Untuk langkah kedua ini, Sandiaga melakukan beberapa strategi seperti mengadakan event Nusantara, wisata olahraga, mengkampanyekan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja, dan yang sudah diterapkan adalah Work From Bali dan di beberapa kota lainnya. 

3. Pemulihan Permintaan Internasional

Selain menarik kembali wisatawan domestik, Sandiaga juga terus menggiatkan kembali pariwisata di Indonesia agar bisa kembali membawa wisatawan internasional. Namun, dikarenakan masih pandemi, perlu persiapan matang dan memerhatikan prakondisi-prakondisinya terlebih dahulu. 

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post