BNI Ingin Bawa UMKM Tembus Pasar Global

LIMAPAGI - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), berkomitmen akan selalu mendukung pengembangan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), termasuk mendukung untuk masuk ke pasar global. BNI pun akan terus berinovasi untuk meningkatkan kapabilitas bisnis internasional.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, mengatakan bahwa UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) tercatat sekitar Rp8.500 triliun atau sekitar 61 persen dari PDB.

Baca Juga: Bank BNI Rambah London, Erick Thohir Incar Inggris Jadi Tujuan Ekspor UMKM

UMKM juga berkontribusi bagi terciptanya lapangan kerja. Sekitar 97 persen dari seluruh tenaga kerja di Indonesia bekerja di sektor UMKM.

Dengan mempertimbangkan pentingnya peranan tersebut BNI berkomitmen akan selalu mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui layanan perbankan yang terintegrasi baik itu berupa dukungan pembiayaan maupun layanan keuangan lainnya.

"Tidak hanya sebatas itu, BNI juga berkomitmen dalam program-program pemberdayaan UMKM untuk go global. Salah satunya yaitu UK SME's Business Summit 2021 yang diselenggarakan hari ini, diharapkan dapat memberikan insight dan pengetahuan bagi UMKM Indonesia untuk mendapatkan kiat berbisnis di luar negeri khususnya di kawasan Inggris," kata dia dalam UK SME's Business Summit, Kamis, 29 Juli 2021.

Melalui kantor cabang di negara lain, BNI bisa mendukung UMKM untuk menembus pasar global. Royke mengatakan bahwa perusahaan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas bisnis internasional, melalui BNI Corporate Transformation.

Transformasi yang dilakukan ini akan membuat peran kantor cabang luar negeri BNI semakin strategis terutama sebagai jembatan utama bagi transaksi perdagangan dan investasi antara Indonesia dan dunia termasuk UMKM.

"BNI London yang telah berdiri sejak tahun 1986 telah menunjukkan peran pentingnya pada kawasan Inggris dan Eropa melalui pembiayaan kepada korporasi Indonesia related, perdagangan internasional, sumber pendanaan internasional, dan layanan remitansi kepada diaspora Indonesia," ujar dia.

Baca Juga: BNI Lirik Empat Sektor Strategis untuk Genjot Penyaluran Kredit di Sulsel

Dukungan pengembangan UMKM untuk go global, BNI juga membuka one stop solution hub yang dinamakan BNI ekspora di tujuh kota seluruh Indonesia.

Melalui BNI ekspora UMKM akan mendapatkan pemberdayaan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan hingga perluasan pemasaran produk melalui business match making dengan buyer di pasar global.

Apalagi hal ini juga didukung dengan fitur-fitur digital untuk mempermudah UMKM dalam memanfaatkan layanan terintegrasi BNI, sehingga layanan ini diharapkan dapat menjadi salah satu dukungan bagi UMKM yang ingin menembus pasar di kawasan Inggris.

"BNI akan senantiasa membuka pintu selebar-lebarnya bagi segenap UMKM dan untuk dapat memanfaatkan layanan bisnis internasional BNI," pungkasnya. 
 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post