Setelah Brasil, Meksiko Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19 Omicron

LIMAPAGI - Pemerintah Meksiko mengkonfirmasi kasus pertama covid-19 varian Omicron. Wakil Menteri Kesehatan, Hugo Lopez-Gastell mengatakan pasien tersebut baru kembali setelah mengunjungi Afrika Selatan.

Diberitakan Reuters, pasien berusia 51 tahun itu sejauh ini hanya menunjukan gejala covid-19 dengan intensitas ringan.

"Kemungkinan sembuh tinggi," ujar Lopez.

Baca Juga: Singapura Konfirmasi 2 Kasus Varian Omicron, Ini Gejala yang Dialami

Pasien Omicron Meksiko itu baru tiba pada 21 November 2021. Kemudian enam hari setelahnya ia menunjukan gejala penyakit pernapasan.

Pasien yang tak disebutkan identitasnya langsung mendapat perawatan di rumah sakit di Kota Meksiko sejak 29 November. Saat ini pasien tersebut tengah melakukan isolasi mandiri.

Menurut Lopez, cara mencegah Omicron tak hanya dengan menutup perbatasan. Ia mengatakan masyarakat juga tak seharusnya menyikapi Omicron dengan berlebihan.

"Kami mengimbau semuanya untuk tetap tenang dan tetap menerapkan langkah-langkah untuk mencegah penularan infeksi," ujar Lopez.

Baca Juga: Varian Omicron Pertama di Malaysia Ternyata Terdeteksi Sejak 19 November

Kasus di Meksiko ini menyusul temuan covid-19 varian Omicron di Brasil awal pekan ini. Kasus Omicron Brasil itu merupakan kasus covid-19 Omicron pertama di daratan Amerika Latin.

Pemerintah Brasil berhasil mendeteksi covid-19 varian Omicron menginfeksi tiga orang . Ketiganya sempat melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan Ethiopia.

KABAR LAINNYA