Sri Mulyani Curi Waktu Buat Ngobrol Bareng Menteri Keuangan AS, Bahas Apa?

LIMAPAGI - Menteri Keuangan Sri Mulyani (Menkeu) melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu Amerika Serikat (AS) Janet Yellen saat sela gelaran G20 Menteri Keuangan dan Bank Sentral di Washington DC.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah KTT G20, Apa Untungnya Buat Ekonomi RI?

Sri Mulyani mengungkap bahwa ada beberapa poin yang dibahas dalam pertemuannya dengan Menteri Keuangan perempuan pertama dalam sejarah 245 tahun AS itu.

“Kami membahas topik-topik penting G20 di mana Indonesia akan memimpin G20 tahun 2022,” jelas Sri Mulyani dalam unggahan akun instagram pribadinya, @smindrawati, Kamis, 14 Oktober 2021.

Topik pertama adalah seputar dukungan pendanaan kesehatan untuk mencegah bencana pandemi ke depan.

Pembahasan itu menyangkut kemampuan deteksi dini dan riset kesehatan secara global, kapasitas sistem kesehatan di setiap negara, serta tata kelola serta protokol dan pengaturan kelembagaan.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pembahasan Pajak Jadi Menu Utama KTT G20 di Indonesia

Tak ketinggalan, dibahas pula mengenai penguatan peran WHO, lembaga multilateral dan G20.

“Kami juga membahas kesepakatan historis global mengenai perpajakan termasuk penerapan minimum taxation. Upaya mencegah erosi basis pajak, penghindaran pajak dan kompetisi tarif pajak race to the bottom,” beber Sri Mulyani.

Poin selanjutnya adalah kerangka sustainable finance dan pendanaan agenda climate change. Salah satu yang utama adalah pelaksanaan komitmen negara maju pada Paris Agreement dalam penyediaan pendanaan.

Suntikan dana itu digencarkan khususnya bagi negara-negara berkembang untuk menjalankan agenda climate change.

Baca Juga:  Sri Mulyani Sebut Negara G20 Sudah Habiskan USD16 Triliun Atasi Covid-19

Sri Mulyani menekankan hubungan bilateral Indonesia-AS penting baik dari segi kerjasama perdagangan, Investasi, teknologi maupun aspek strategis lainnya.

“Pemulihan ekonomi Amerika Serikat dan kebijakan moneter dan fiskal yang dilakukan Amerika Serikat memberikan dampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, baik dari segi ekspor dan aliran modal dan teknologi," pungkasnya.

Shanies Tri Pinasthi
Shanies Tri Pinasthi

Shanies is an assistant editor at Limapagi. She handles news around the economy. 

Previously, she was an assistant editor/assistant producer at Warta Ekonomi. 

Shanies started his career in media as an economic and national reporter for data-based media, Validnews.id

KABAR LAINNYA

Discussion about this post