Ucapan Lengkap Luhut yang Minta SBY Teladani Sikap Habibie

LIMAPAGI - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menyoroti kritikan yang dilontarkan oleh Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Diketahui, SBY pernah mengkritik Luhut soal gaya komunikasinya yang dinilainya terkesan mengancaman dan arogan pada 2018. Atas kritikan itu, Luhut mengaku tak mempermasalahkannya. Namun, Luhut membantah apabila disebut memiliki gaya komunikasi yang mengancam.

"Saya enggak temperamental kok, gaya Batak memang begini apalagi saya tentara lagi. Saya enggak merasa aneh, silakan dia (SBY) ngomong begitu. Saya ini care dengan banyak orang, lihat saja mana ada yang peduli nyapa anak buahnya. Saya ini keras terhadap pendirian saya," kata Luhut dalam acara Kick Andy Double Check, Minggu, 25 Juli 2021.

Baca Juga: Setelah Diminta Luhut, Kemenkes Bakal Perbanyak Lab PCR di Kabupaten Kota

Dalam acara tersebut, Luhut memperoleh pertanyaan terkait etika senior-junior. yang sebagaimana diketahui, Luhut merupakan senior SBY saat masih aktif di militer. Luhut merupakan lulusan Akademi Militer 1970. Sementara SBY lulus dari Akmil 1973.

Atas hal itu, Luhut juga menilai tidak keberatan soal etika junior mengkritik seniornya secara terang-terangan. Namun, ia berpesan kepada SBY agar bersikap seperti Presiden ke-3 RI, BJ Habibie yang tak banyak melakukan kritik, usai mengakhiri masa pemerintahannya. 

"Ya dia kan mantan presiden, kita hormati lah. Saya enggak ada keberatan, saya bilang ke Pak Bambang (SBY) oke-oke lah hak beliau. Tapi semua hanya titip saja, pemimpin kalau selesai eranya, ya seperti Pak Habibie lah, mau duduk manis datang sekali-sekali kritik boleh lah," ucapnya. 

Baca Juga: Luhut: Covid-19 Varian Delta Lebih Cepat Menyebar di Kawasan Industri

Selain itu, Luhut juga meminta SBY untuk tidak meremehkan kemampuan pemerintah saat ini. Ia juga menegaskan bahwa pernyataannya tersebut bukan bermaksud untuk mengkritik SBY. Namun ia hanya ingin menegaskan atas posisi dan sikapnya usai menerima kritik dari SBY.

"Tak perlu lah merasa yang berkuasa saat ini di bawah kita," kata dia.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post