BEI Cs Bantu Penanggulangan Covid-19 dari Pendapatan Transaksi, Simak Tanggalnya

LIMAPAGI - Organisasi Regulator Mandiri (SRO) Pasar Modal Indonesia kembali mengalokasikan pendapatan dari transaksi pasar modal untuk membantu penanggulangan Covid-19.

Baca Juga:  HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia, BEI Cs Bantu Penanggulangan Covid-19

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari tahap pertama yang sebelumnya dilaksanakan pada 9 Agustus 2021 lalu dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia.

Saat itu, SRO yang terdiri atas PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), mampu mengumpulkan sebanyak puluhan miliar.

“Pada waktu itu sebanyak Rp35,72 miliar yang terkumpul dari seluruh transaksi di pasar modal serta sumbangan dari pelaku industri pasar modal dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19,” kata Direktur KSEI, Syafruddin, dikutip Rabu, 15 September 2021.

Untuk kali ini investor pasar modal kembali dapat berpartisipasi dengan cara melakukan transaksi di pasar modal pada 17 September 2021.

Setiap pendapatan yang diterima oleh BEI, KPEI dan KSEI di tanggal tersebut akan dialokasikan untuk dana sosial dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Ia memperkirakan dana yang terkumpul pada 17 September mendatang mencapai Rp5 miliar hingga Rp8 miliar. 

“Dengan asumsi nilai transaksi per hari di kisaran Rp9-15 triliun, diperkirakan dana yang dapat dialokasikan dari pendapatan transaksi pasar modal pada 17 September 2021 berkisar antara Rp5 miliar sampai Rp8 miliar," kata Syafruddin.

Pendapatan yang terkumpul akan dikonversikan menjadi dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan akan dialokasikan ke berbagai macam kegiatan penanggulangan COVID-19, salah satunya adalah kegiatan donor darah dan donor plasma.

Gelaran kegiatan itu bersamaan dengan hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada 17 September 2021, sebagaimana dikutip dari Antara.

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung kebutuhan darah untuk disalurkan melalui PMI, karena selama pandemi Covid-19, kebutuhan donor darah dan donor plasma cukup meningkat," tuturnya.

Baca Juga:  BEI Kantongi Laba Bersih Rp487,41 Miliar Sepanjang 2020

Donor darah dan donor plasma tersebut diselenggarakan serentak di berbagai kota di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Semarang, Surabaya, Kediri.

Donor darah itu juga digelar di Malang, Batam, Bengkulu, Pangkal Pinang, Banjarmasin, Makassar, Kendari, serta Mataram.

Shanies Tri Pinasthi
Shanies Tri Pinasthi

Shanies is an assistant editor at Limapagi. She handles news around the economy. 

Previously, she was an assistant editor/assistant producer at Warta Ekonomi. 

Shanies started his career in media as an economic and national reporter for data-based media, Validnews.id

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.