Viral Curhat Penjual Makanan Beku, Terancam Penjara karena Tak Punya Izin Edar

LIMAPAGI - Curahan hati (curhat) seorang pedagang makanan beku yang terancam penjara karena tak punya izin BPOM ramai di Twitter. Kisah itu diunggah akun @achietmokoginta pada Kamis, 14 Oktober 2021.

"Di share sama temen gue karena gue jualan, buat teman-teman UMKM yang jualan frozen food ada yang ngalamin gini juga? Gue lagi nanya ini cerita awalnya gimana. Tapi kalau sampai dipolisiin hanya karena gak ada BPOM / PIRT ya piye," tulis akun tersebut.

Seorang pelaku usaha yang memiliki restoran diketahui menjual versi makanan bekunya. Namun tak disangka, makanan beku yang diproduksinya itu menjadi masalah karena tidak memiliki izin edar PIRT atau BPOM. &

Atas kesalahan itu, sang pedagang terancam hukuman penjara atau denda sebesar Rp4 Milyar.

"Jual makanan beku tetap harus ada izin edar, PIRT atau BPOM, walaupun kita sudah berbadan PT dan barang resto sendiri. Intinya semua yang disimpan, masa simpan lebih dari &1 minggu harus diurus perizinannya," tulis postingan itu.

"Kita kena tindak pidana, ancaman penjara atau denda Rp4 M, cuma karena jual makanan beku," lanjut postingan itu.

Saat tiba di kantor polisi ternyata tak hanya penjual makanan beku yang berhadapan dengan masalah izin edar. Beberapa pelaku UMKM lain pun ditemui, di antaranya, penjual kopi bubuk, cabe bubuk dan mie beku.

Baca Juga: Atlet Ini Ikut PON Papua saat Hamil Muda, Cabornya Pun Berisiko

Ironisnya, para pelaku UMKM tersebut bahkan mengaku tidak tahu jika mereka telah melanggar hukum karena tak memiliki perizinan edar.

Untungnya, setelah mendengarkan aspirasi dari para pelaku usaha petugas polisi melepaskan mereka dengan kesepakatan bersama.

"Kita akhirnya dilepas dengan aspirasi semampu kita," tulisnya.

Terakhir, pengunggah berharap kasusnya itu dapat menjadi pelajaran pada pelaku usaha agar mengurus izin edar PIRT/BPOM. Terlebih mereka yang menggunakan merek pada produk makanan yang dijual. &&

Simak postingan lengkap tersebut di bawah ini.&

Reka Kumara
Reka Kumara

A reporter who focuses on entertainment and lifestyle, such as writing articles related to general facts, viral news, movies and celebrities.

&Education background: Medan Area University, Bachelor of Communication Science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post