Volvo Siapkan Pabrik yang Mampu Memproduksi Mobil Listrik Sebanyak 150 Ribu Unit

LIMAPAGI - kebutuhan kendaraan ramah lingkungan khususnya mobil listrik di dunia semakin meningkat. Melihat hal tersebut, Volvo juga akan menyiapkan sejumlah mobil listrik bersama pusat perakitannya.

Mengutip CNET, Selasa, 29 Juni 2021, Volvo bakal mengubah pabrik mobil konvensional di Carolina Selatan, Amerika Serikat menjadi perakitan mobil listrik. Pengerjaannya kemungkinan dimulai di 2022 atau 2023.

CEO Volvo, Hakan Samuelsson mengatakan, fasilitas di Carolina Selatan ini menjadi pabrik Volvo pertama yang membangun mobil listrik generasi berikutnya. Selain itu, pabrik ini akan berfungsi sebagai pusat ekspor untuk XC90 listrik.

Menariknya, kompatriot Volvo yakni Polestar, juga akan memanfaatkan pabrik tersebut untuk memproduksi SUV listrik. Sebelumnya, Polestar berencana membangun mobil listrik dalam waktu dekat.

Strategi ini diklaim Polestar sebagai upaya mengurangi biaya ekspor dan pengiriman mobil listrik. Kendaraan yang lebih berat jauh lebih kompleks untuk dikirim ke seluruh dunia.

Sekadar informasi, pabrik perakitan mobil listrik Volvo ini bakan memiliki kemampuan untuk memproduksi hingga 150.000 kendaraan per tahun. Sementara dalam waktu dekat, Volvo tengah menyiapkan kehadiran dua SUV barunya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post