Kemenkes: Segera Lindungi Diri, Jangan Pilih-pilih Vaksin Covid-19

LIMAPAGI - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat tak pilih-pilih vaksin.

Sebab, menurut dia apapun jenis vaksin Covid-19 tujuannya untuk melindungi tubuh dari virus tersebut.

“Jadi, kalau namanya vaksin Covid-19, pasti tujuannya untuk melindungi dari kesakitan dan kematian akibat infeksi Covid-19,” kata Nadia, dalam diskusi daring bertajuk ‘Varian Baru Covid-19 Menyebar di Indonesia, Pemerintah Kecolongan?’ Selasa, 29 Juni 2021.

Ia menuturkan semua merek vaksin tentu sama baiknya, karena WHO sendiri sudah memberikan izin kepada Sinovac, AstraZeneca, begitu juga Pfizer.

Menurut dia reaksi vaksin berbeda-beda, karena tergantung pada kekebalan tubuh masing-masing. Jadi, kata dia belum tentu vaksin AstraZeneca lebih baik dari Sinovac, atau Pfizer lebih baik dari dua merk vaksin tersebut.

“Kita tidak usah memilih-milih, di mana vaksin tertentu ada bagaimanapun itu bisa memberikan perlindungan kepada penerimanya,” ujarnya.

Menurut Siti yang paling penting saat ini adalah menyuntikan vaksin bagi tiap individu. Karena jika sudah vaksinasi, walaupun ada virus yang menyerang dengan adanya antibodi bisa menekan jumlah virus yang ada.

“Sehingga diri kita tidak menjadi sakit atau kalaupun sakit gejala yang diterima tidak berat,” tutur dia.

Hal lain yang lebih penting adalah jumlah virus itu ditekan di dalam tubuh pasca-vaksinasi. Menurutnya virus tersebut tak bisa menularkan kepada orang lain.

Tentu saja, kata dia akan sangat membantu memutuskan mata rantai penularan Covid-19, terutama di dalam keluarga. 

“Jangan tunda-tunda, apapun vaksinnya segera lakukan vaksinasi, karena jika tidak, tubuh tidak punya perlindungan atau proteksi apapun,” ujarnya.

Berdasarkan catatan yang ia miliki, dejauh ini jumlah penyuntikan vaksin AstraZeneca sudah dilakukan di 171 negara. Sementara Pfizer baru di 104 negara.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post