PPKM Level di Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 23 Desember 2021

LIMAPAGI - Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Pulau Jawa dan Bali. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perpanjangan berlaku selama 17 hari.

"Khusus luar Jawa dan Bali akan ada perpanjangan PPKM, 7 sampai dengan 23 Desember 2021," ujar Airlangga dalam konferensi pers PPKM di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Jakarta Per 5 Desember Bertambah 43, Jadi 864.178 Orang

Selain itu, ia juga mengumumkan daerah yang mengalami peningkatan maupun penurunan level PPKM berdasarkan level asesmen dengan mempertimbangkan situasi pandemi dan capaian vaksinasi di kabupaten atau kota.

Jika capaian vaksinasi dosis pertama kabupaten atau kota masih di bawah 50 persen, levelnya akan dinaikkan sebanyak satu tingkat.

Dari 386 kabupaten atau kota di luar Jawa dan Bali, ada 78 daerah yang statusnya naik ke level 1 PPKM. Dengan jumlah semula, yaitu 51, kini ada 129 kabupaten atau kota yang berstatus level 1 PPKM.

Bukan hanya level 1, level 2 PPKM juga mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Dari 175 kabupaten atau kota, sekarang ada 193 yang berada di level 2 PPKM.

Sementara itu, kabupaten atau kota yang berada di level 3 PPKM turun, dari semula 160 menjadi 64.

"Dan level 4, nol kabupaten atau kota," tutur dia.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengumumkan capaian vaksinasi nasional. Menurut Airlangga hingga saat ini rata-rata vaksinasi nasional dosis pertama sudah mencapai 68,42 persen dan dosis kedua 47,55 persen berbasis kepada target yang divaksin.

Hanya saja, kata Ketua Umum Partai Golkar ini sebaran vaksinasi belum merata. Karena, masih ada sejumlah daerah di luar Jawa dan Bali dengan angka vaksinasi rendah.

Menurut dia ada sembilan provinsi di luar Jawa dan Bali dengan tingkat vaksinasi kurang dari 50 persen yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara Aceh, dan Papua.

KABAR LAINNYA