Ajak Polri-BIN, Komisi III Ingin Bikin Panja Penegakan Hukum tentang Narkoba

LIMAPAGI - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengusulkan agar Komisi III DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Penegakan Hukum terkait Tindak Pidana Narkotika. 

"Dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap penegakan hukum, khususnya tindak pidana narkotika, saya sebagai Ketua Komisi III DPR RI akan menginisiasi dibentuknya Panja Penegakan Hukum terkait Tindak Pidana Narkotika," kata Herman dalam keterangannya, Selasa 29 Juni 2021.

Usul itu dilontarkan usah adanya putusan Pengadilan Tinggi Bandung yang memvonis enam terpidana kepemilikan narkoba dengan hukuman penjara. 

Tiga terpidana dengan hukuman 15 tahun, dan tiga lainnya menerima hukuman 18 tahun. Para penerima hukuman penjara 18 tahun itu kedapatan memiliki narkoba jenis sabu-sabu seberat 402 kilogram yang dikemas menyerupai bola.

Herry mengatakan keenam orang tersebut sudah divonis hukuman mati di tingkat Pengadilan Negeri (PN) Cibadak, Sukabumi, pada 6 April 2021 lalu. 

Herman mengatakan Komisi III DPR RI akan segera mengajak Kabareskrim Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Dirjen Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, serta penegak hukum terkait untuk membahas masalah tersebut.

Selain itu, Politisi PDIP tersebut juga mengatakan bahwa usulannya dibutuhkan untuk menciptakan satu perspektif yang sama terkait visi dan misi untuk memberantas narkoba hingga sampai ke akarnya.

"Kami di DPR tentu juga siap jika dalam pembahasan ini dibutuhkan perubahan-perubahan legislasi," kata dia.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post