PPKM Jakarta Turun Level, Anies Izinkan Taman dan Tempat Wisata Beroperasi

LIMAPAGI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai mengizinkan area publik, taman umum dan tempat wisata dibuka untuk warga, menyusul penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota.&

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 1245 tahun 2021 tentang PPKM level dua di Jakarta. Kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM di Wilayah Jawa dan Bali.&

"Area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya diizinkan buka dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat dengan ketentuan," tulis Beleid Kepgub dikutip pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Baca Juga: Wagub DKI Ingatkan Warga: Meski Covid-19 Landai, Prokes Jangan Lengah

Dalam&Kepgub disebutkan, izin area publik, taman umum dan tempat wisata dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen. Selain itu, jam operasionalnya juga dibatasi sampai dengan pukul 21.00 WIB.&

Sedangkan, ketentuan yang harus dilaksanakan di antaranya mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Kesehatan dan atau kementerian/lembaga terkait.

Kemudian dalam Kepgub disebutkan, wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk pemeriksaan pegawai dan pengunjung.

Anak-anak berusia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dengan syarat didampingi orangtua.

Baca Juga: Di Mana Lokasi Balap Formula E Jakarta? Ini Jawaban Wagub DKI

Tak hanya itu, ganjil genap diterapkan sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 WIB sampai Minggu pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, hanya ada dua tempat wisata di DKI Jakarta yang sudah mulai dibuka, diantaranya Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

KABAR LAINNYA

Discussion about this post