Bentangkan Poster, Suroto Si Peternak Ayam Petelur Diundang Jokowi ke Istana

LIMAPAGI - Suroto, peternak ayam petelur asal Blitar, Jawa Timur diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 15 September 2021.

Undangan tersebut menyusul aksi Suroto membentangkan poster bertuliskan "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar" saat Jokowi melawat ke Blitar.

“Saya percaya satu-satunya orang Indonesia yang pada saat ini yang bisa menolong peternak, ya hanya Pak Jokowi,” ujar Suroto seusai pertemuan seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Kamis, 16 September 2021.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Pembawa Poster Kritik Jokowi Sudah Dilepaskan

Ia menyebut saat ini peternak ayam petelur menghadapi dua masalah besar, yaitu terkait harga jagung yang cenderung naik. Tapi di sisi lain, harga telur dijual dengan harga yang sangat rendah.

Para petani melalui asosiasi dan koperasi pun mencoba mencari jalan keluar kepada sejumlah lembaga pemerintah yang ada di daerah hingga ke Kementerian Pertanian.

Namun, menurut Suroto pertemuan tersebut menemukan jalan buntu dan tidak menghasilkan solusi bagi para peternak yang sedang dalam kondisi sulit.

“Sedangkan kita terjepit posisinya. Sudah usaha itu tidak bisa jalan, kita produksi telur aja seumpama 100 persen itu masih rugi, sedangkan telur enggak bisa keluar numpuk di gudang kandang itu,” kata dia.

Maka dari itu, Suroto berinisiatif membentangkan poster kepada Jokowi. Dengan harapan, Jokowi dapat mendengar dan melihat langsung bagaimana kondisi para peternak ayam petelur sebenarnya.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Jajarannya Humanis Terhadap Pengkritik saat Kunker Jokowi

Meski sempat tak percaya, Suroto bersyukur dapat menyampaikan langsung keluh kesahnya tak hanya melalui poster saja. 

"Kemarin pagi, pagi jam 8, jadi mendadak, kita enggak tahu, kaget. Ini pasti bohong, ini pasti bohong. Lah iya (ternyata) betul (diundang),” ucap Suroto.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.