98 Napi di Kudus Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 1 Langsung Bebas

LIMAPAGI - Puluhan narapidana (napi) di Rutan IIB Kudus, Jawa Tengah, diusulkan mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka Hari Kemerdekaan. Satu narapidana bakal langsung bebas, jika usulan ini diterima.

Kepala Rutan IIB Kudus, Suprihadi mengatakan usulan remisi Hari Kemerdekaan telah dikirimkan pihaknya ke Kementerian Hukum dan HAM. Ada sebanyak 98 narapidana yang diusulkan dapat remisi HUT RI 17 Agustus tersebut.

Baca Juga: Alhamdulillah, Warga Sekitar Rutan Kudus Dapat Bantuan Paket Sembako

"Remisi Hari Kemerdekaan kita ajukan 98 narapidana. Ini baru usulan ya, belum tahu disetujui semua atau tidak. Jawaban hasilnya biasanya dikirim ke kami tanggal 16 Agustus mendatang," jelasnya, Kamis, 29 Juli 2021.

Lebih lanjut, Suprihadi mengatakan 98 narapidana ini telah memenuhi persyaratan remisi. Seperti masa tahanan di atas enam bulan dan memiliki catatan kelakuan baik selama jalani masa pidana di Rutan II B Kudus.

"Dari 98 narapidana ini berasal dari berbagai kasus. Ada satu narapidana yang akan langsung bebas usai terima Remisi Kemerdekaan. Narapidana itu masuk dengan kasus pencurian ringan," tutur dia.

Baca Juga: Dua Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Kulon Progo Tak Lolos Vaksinasi

Saat ini, ada 145 narapidana yang mendekam di Rutan IIB Kudus dari total kapasitas rutan sebanyak 104 orang. Jumlah ini sudah berkurang banyak, usai adanya program asimilasi.

"Dari awal tahun, kita sudah berikan asimilasi ke 69 narapidana. Jumlah narapidana yang ada saat ini sudah banyak berkurang. Ini nanti masih berkurang lagi dengan adanya remisi Hari Kemerdekaan," pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post